Thursday, October 19, 2017

next Ndandut workshop?

Beberapa hari lalu saya posting di Instagram foto ini  :


dengan isi caption pertanyaan tentang masih ada yang tertarik kah dengan workshop Ndandut , berikut saran apa aja yang kira-kira mau diajarkan.
Buat yang masih penasaran, Ya. Saya memang akan mengadakan workshop Ndandut di bulan November. Materinya apa? menyusul yaaa,,


Kok ngadain workshop lagi? Jawabannya : Rindu. Rindu dengan flanel dan kesibukannya, rindu dengan teman2 baru yang ditemukan tiap workshop, rindu riweuhnya. Anak saya sebentar lagi 3 tahun, sudah bisa membiarkan mamanya kerja, dan sudah mulai bisa dititip kalau saya sedang liburan di bandung. Jadilah saya manfaatkan kesempatan ini untuk adakan workshop.

Buat yang mau ngadain workshop sendiri, nih saya tulis bocoran ya :

1. Perhitungkan waktu pengerjaan. Misalnya durasi workshop 3 jam, persiapkan materi yang kira2 cukup waktunya untuk dikerjakan oleh pemula. Eits jangan salah, bahkan yang udah bisa jahit, bisa jadi ngerjain superduper lama. Kalau dirasa materinya agak berat, persiapkan setengah jadi. Misalnya kain sudah dipotong2, adabagian yang sudah dijahit jadi peserta bisa selesai lebih cepat
2. Persiapkan bahan dan alat berlebih. Walaupun misalnya peralatan diumumkan dibawa oleh peserta, pasti adaaaa aja yang lupa bawa.  Itu yang harus diantisipasi dengan bawa peralatan dan bahan cadangan.
3. Kalau peserta banyak , siapkan asisten. Asisten ini bisa bantu bagi-bagikan kit, siapkan peralatan, urus pembayaran dll. Percayalah, workshop craft itu rempong nyiapinnya.
4. Siapkan dari jauh hari. Mulai dari materi, bahan2. Kelompokkan kit workshopnya. Siapkan per individu supaya ga rusuh pas hari H. Untuk bahan atau alat yang digunakan bersama, jangan hanya sediakan 1 alat untuk semua, karena pasti lama antri pakai alatnya.
5. Sediakan pola, kit saja tanpa pola kok sayang ya, peserta jadi kesulitan buat ulang di rumah.
6. Buat ketentuan atau policies. Gak mau kalo hasil kursus diremake sama peserta lalu dijual? Utarakan di awal, biar gak ada miss communication.

Semoga tips dari saya membantu teman2 yang mau coba buat workshop craft ya. Yang pertama pasti menegangkan deh, tapi kalo dipersiapkan dengan baik insyaallah akan lancar2 aja

No comments :

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...