Friday, July 14, 2017

Sew Along HQ : Handquilting Sue Sunbonnet

Awal bulan puasa, saya lihat ada update baru dari grup FB yang saya ikuti, HandicraftQta . Updatenya yaitu acara #sewalongHQ. Di tantangan online ini, anggota grup diajak berpartisipasi membuat 1 project, sarung bantal sue sunbonnet. Pola disediakan, tutorial per stepnya diberikan gratis secara berkala tiap minggu, sebanyak 3x.

Untuuung ada perca batik yang dibawa dari bandung. Kalo enggak, udah mundur teratur dari sewalong :)

Menggoda? tentu. Memang ga ada hadiahnya, tapi buat saya yang haus nge craft tapi males, acara jahit bareng ini lumayan jadi motivasi. Apalagi saya belum pernah coba quilting karena liatnya aja udah kayak njelimet. Challenge accepted! Untuk sew along kali ini tutornya mbak Arista Yuliana.

Minggu pertama, Tutor part 1 , peserta diminta buat siapin bahan, buat quilting Sue sunbonnetnya dulu. Alhamdulillah, tahun lalu saya sempat beli perca batik, jadi ada sedikit variasi. Bahan utamanya, saya ambil dari bahan baju saya :))) Sisanya, macem kain polos, batting dll saya hunting di daiso.

 oke, buat part 1 ini serunya karena belajar padu padan warna, plus coba jiplak pola ternyata salah , malah jadi balik arah sue nya.



Minggu kedua, handquilting semua cover depan. Handquilting sodara2, bayangkan keringat dingin saya mengucur :))) karena gegayaan , pola quiltnya saya buat rapat2, alhasil jadinya lama. Eh tapi seru lho, sambil nemenin anak main, sambil quilting. Gak punya thimble dan males belinya karena jauh, jadi saya nekat aja pake jarum payet. Eh ternyata gampang lho pake jarum payet, karena tipis dan kecil, gampang tembus, ga perlu tenaga ekstra buat tembus2in jarum ke kain. Buat saya , tutor part ke dua ini yang paling menantang




Minggu ketiga, udah waktunya saya siap2 buat mudik lebaran. Tapi kok sayang ya kalo projectnya diterusin abis lebaran, jadilah kebut sehari jadi buat rakit sampai beres jadi sarung bantal.

sarung bantal baruuu <3

Kesimpulannya, ternyata seru juga nih quilting, saya suka karena ga perlu terus2an ngukur atau pakai penggaris. Tertarik buat lagi? oh sudah pasti, tapi gak sekarang2 juga, karena cukup ngabisin waktu ya,,

No comments :

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...