Friday, November 18, 2016

Weaning Part

Weaning alias sapih. Ya, Acho memang sudah saatnya disapih. Rencananya setelah 24 bulan baru mulai sapih, tapi karena satu dan lain hal dipercepat pas umurnya 23 bulan lebih. Awalnya gak ada niat sapih total, cukup sehari, tapi berhubung hari jumat, mau dicoba full 3 hari, paling enggak pas papanya masih di rumah selama weekend. 

Hari jumat, Acho nangis terus, gak mau tidur siang. Tidur malam dikelonin papanya. Hampir tiap 15-30 menit sekali , nangis melolong, meraung2. Perasaan saya? perih, sakit, sedih. Rasanya kayak jadi ibu yang paling jahat, tega biarin anak kayak gitu. Bangun pagi mata Acho bengkak, Sedih liatnya. hari kedua lumayan lancar karena ada papanya, jadi lebih sering teralihkan, walaupun sesekali sempat minta dan rewel pas gak dikasih. Malamnya Acho tidur nyenyak. Hari minggu nya, cuma minta sekali. malam tanpa drama.

Hari keempat dan seterusnya, udah ga inget minta ASI lagi. Wow, cuma tiga hari? Bahkan saya sendiri gak percaya. Sempat ngerasa patah hati, kok cepet banget Acho lupa, saya merasa dicampakkan. Hahahaha. Tapi perasaan itu buru2 ditepis. Hei, siapa yang gak bangga lulus sapih dalam 3 hari.

Berat gak? iya, berat. pake banget. Berat di pikiran, berat digendong. Karena untuk pengalihan, Acho harus diajak jalan2 seharian, dan gak jarang harus digendong terus. Siang malam capek mikir gimana caranya biar Acho bisa weaning. Saya tau pasti berat dan sedih buat Acho weaning dari saya, begitupun sebaliknya. Apalagi Acho 24jam bareng saya terus, dikit2 ASI, sehari gak terhitung. Jadi pas awal2 mikir weaning aja udah mikir bakal susah. 

And i proudly announce that Acho graduated! horray!!! Lulus Asi . Wow, bahkan pas saya ngetik ini, rasanya masih gak percaya. Pikiran melayang ke 2 tahun lalu, Dua tahun lalu, saya sedang berjuang karena Asi belum keluar, nangis2 seharian. Sama sekali gak berbekal ilmu tentang ngASI , gak ada persiapan. Takut karena ada 1 nyawa yang hidupnya bergantung pada saya. Panik, ya panik banget. 

Sudah 3 mingguan Acho berhenti asi, tapi baru malam ini mellow maksimal. iya, Acho 2 tahun hari ini. Happy Birthday my Baby Acho. Mommy will always love you 

No comments :

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...