Tuesday, August 16, 2016

Apple pie

Acho doyan Apple pie, saya doyan, suami pun doyan. Biasanya kami langsung bergegas ke Mcd yang ada di dekat rumah. Satu porsi nya seharga 1SGD atau kira2 10 ribu rupiah.


 Tapi beberapa waktu lalu rasanya pengeeen banget makan apple pie, tapi males ke Mcd. Cek isi kulkas ternyata ada apel sisa satu lagi. Bermodal nekat , saya coba juga buat sendiri. Rasanya oke, tekstur pie nya seperti kue kering, gak seperti di Mcd yang digoreng seperti kulit lumpia . saya pakai 1/2 resep aja , karena apelnya sisa sedikit. Untuk olesan kuning telur, kayaknyna mending dioles setalah pie hampir matang deh, soalnya pas saya buat dan dioles di awal , alhasil bagian atas kayak kehitaman gosong, padahal engga.  Resep pie nya ambil dari blog Just Ordinary Kitchen   .



APPLE PIE
by Ricke Indriani

Bahan Pie Crust:
500 gram terigu protein sedang
300 gram margarin/butter, dingin
3 kuning telur
2 sdm gula halus
½ sdt garam
1 sdt vanilla

Bahan isi:
6 buah apel malang/granny smith (sebaiknya pilih apel bertekstur renyah dengan rasa asam manis)
1 sdm air jeruk lemon
100 gram gula pasir
2 sdm gula aren bubuk/gula merah yang diiris halus
¼ sdt garam
2 sdt kayu manis bubuk (peres)
2 sdm maizena
50 gram margarin
50 gram kismis, rendam air panas, tiriskan dan cincang kasar (optional)

Olesan:
2 kuning telur, kocok lepas
 
Cara membuat:
1. Isi: Kupas apel, buang bagian bijinya dan potong-potong dadu kecil kemudian tempatkan dalam wadah. Beri air jeruk lemon, aduk rata. Masukkan gula pasir, gula aren bubuk/gula merah, garam dan kayu manis bubuk. Aduk rata. Simpan dalam lemari es selama 30 menit hingga apel keluar airnya (juicenya).
2. Taburi dengan maizena, aduk rata. Panaskan apel bersama airnya di atas api sambil diaduk-aduk hingga mengental dan apel agak lunak. Matikan api. Panas-panas masukkan margarin dan aduk rata hingga seluruh margarin meleleh. Masukkan kismis. Aduk rata. Dinginkan.
3. Kulit: Campur margarin, kuning telur, gula halus, garam dan vanilla. Aduk rata. Masukkan terigu, aduk kembali menggunakan pisau pastry atau dua buah garpu hingga adonan berbutir-butir (seperti pasir kasar) dan tercampur rata. Satukan dan padatkan adonan kemudian bulatkan agar mudah dipulung. Bungkus dengan plastik wrap dan simpan di kulkas 30 menit hingga 1 jam.
Pemalesan, ngaduknya pake food proceasor aja

4. Olesi cetakan pie mini dengan margarin tipis-tipis, ambil adonan secukupnya dan cetak dalam cetakan pie sambil ditekan-tekan. Sisakan sedikit adonan untuk membuat anyaman tutup pie. Untuk pie loyang besar, gilas adonan tipis sekitar 0,5 cm lalu letakkan di loyang yang telah diolesi margarin tipis, ratakan dan sisan adonan untuk tutup bagian atas pie.
5. Isi kulit pie dengan bahan isi. Lakukan hingga habis.
6. Gilas tipis sisa adonan kulit pie, potong-potong memanjang sesuai ukuran cetakan. Buat motif anyaman di atas pie. Olesi permukaannya dengan kuning telur. Tata cetakan di loyang datar.
7. Panggang dalam oven dengan suhu 170’C-180'C selama 30-50 menit (tergantung ukuran pie) hingga matang permukaannya kecoklatan dan fillingnya terlihat mendidih.
8. Angkat. Diamkan 15 menit dalam cetakan hingga agak hangat kemudian keluarkan dari cetakan dan dinginkan.

No comments :

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...