Thursday, April 28, 2016

Food poisoning

Ngeri banget ya judulnya. Tapi memang itu uang terjadi. Hari ke3 kami di Singapura, Acho keracunan makanan.

Paginya acho baik2 aja, sibuk lari2an di taman dan kolam renang. 2 jam setelah makan siang, tiba2 acho muntah dan berlanjut sampai jam 8 malam. Awalnya saya masih biasa saja, karena minum dan makan masih mau. Tapi tiba2 acho diare, karena khawatir dehidrasi, akhirnya saya dan suami pergi ke rumah sakit anak. Hotel sudah siapkan taksi.

Sampailah kami ke emergency yang ternyata rame banget. full . Alurnya juga beda dengan di Indonesia. Masuk Emergency sudah ada tarif standar pelayanan sebesar S$103 yang dibayar di awal. setelah mengantri, Acho diperiksa oleh dokter, dan didiagnosa keracunan makanan. Acho diberi treatment khusus, harus minum cairan obat , 4 kali dengan jeda 15menit ,yang dimulai 30menit setelah periksa dokter. Ternyata yang paling berat bukan saat pemberian obatnya, tapi disaat nunggu jedanya. Selama menunggu, acho rewel di ruang tunggu, lapar juga jadi maunya obatnya langsung dihabisin. jadilah saya bolak balik gendong, dan setiap ketemu area luas, maunya lari2 -____-" sambil teriak2. Gak ada tanda anak lagi sakit.



Selesai minum cairan obat, kembali lagi masuk ruangan dokternya, cek ulang, semua oke, jadi dokter perbolehkan pulang dengan catatan kalau terlihat ada tanda anak betul2 lemas, gak mau minum gak mau makan, bawa lagi kembali ke rumah sakit. dokter juga peringatkan bahwa kemungkinan diare akan berlangsung beberapa hari .Karena ini keracunan, gak ada obat khusus yang diberikan, karena intinya sekarang adalah mengeluarkan yang beracunnya. Jadi kalau masih diare, wajar.

Catatan untuk treatment di rumah adalah, Acho harus diberikan makanan atau cairan bertahap, sedikit2, ga boleh terlalu banyak, kalo kebanyakan pasti bakal muntah lagi. ini nih yang susa, anaknya kan doyan makan sama ASI

Sekarang sudah dua hari setelah pulang dari RS, sejauh ini acho gak pernah muntah. eh, tadi siang sih sempat muntah krn histeris gak mau minum obat penyerap racunnya. Kalau diare nya masih, tapi frekuensinya gak sering. Semoga segera pulih ya nak.

Oiya, siang ini Acho dapat kunjungan dari pihak manajemen hotel tempat kami tinggal. Ya, tiap hari manager on duty telpon terus nanyain keadaan Acho. Tadi akhirnya mereka datang dan bawa oleh2 mainan buat acho. Thank you uncle!






No comments :

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...