Wednesday, March 9, 2016

(Masih) Drama Mpasi part 3

Kayaknya drama MPASI itu ga ada akhirnya ya? Tapi bener deh, slogan "this too shall pass" benar adanya. Masa2 MPASI paling berat itu di 9-12 bulan. GTM parah, berat badan gak naik, nolak makanan. Nah, setelah 1 tahun, Acho udah bisa dikasih UHT , sama udah mulai makan makanan menu keluarga. Fiuhhhh,,minimal udah ga terlalu repot bikin makanan terpisah ya. Plus karena udah mulai kebal dengan GTM, saya udah gak terlalu ambil pusing. Mogok makan sampai 2 hari? okeee,,boleh, asal minum sama ASI tetap jalan, toh punya perut, pasti ada waktunya lapar kan . Kalaupun stress karena GTM, ya udah ga separah dulu,

Acho sekarang makannya gimana sih? Alhamdulillah saya masih konsisten ngasih makan di high chair. Jadi kalo dibilang "Mamam", acho jalan menuju kursi makannya. Kalo lagi anteng, kami bisa duduk makan bertiga, makan masing2. Tapi jangan harap kondisi ideal ini setiap saat ya. Hahahaaha


Gimana caranya ngatasin GTM? pasti bisa! pasti ada alasannya. Cari penyebab, baru cari solusinya. ini beberapa alasan Acho bisa GTM selama ini
1. Mau tumbuh gigi
2. gak enak badan
3. lagi ga mau disuapin
4. lagi bosen menunya
5. keasikan main
6. bosen tekstur makanannya
7. bosen suasana makannya
8. Lagi males makan aja

solusinya?
- tawarin makan sendiri
- tawarin berbagai macam menu . nolak 1 menu? coba makanan lain
- kalau tumbuh gigi, tawarin buah dingin, es krim  atau makanan yang crunchy
- sodorin air putih. kadang Acho kayak yang seret, beres minum, lancar lagi makannnya
- ganti suasana, sesekali highchairnya dibawa ke ruangan lain, ga di ruang makan aja, sesekali di teras (tapi ini jarang banget) , atau coba dibawa makan ke restoran (nah yang ini harus ke resto yang nyediain high chair)
- gonta ganti peralatan makan. gak perlu sampai koleksi berbagai aksesori makan bayi sih, kadang kalau anaknya udah banyak gaya, maunya makan pake piring sama sendok yang sama dengan ortu, kasih ajaaaa,,asal diawasi .
- makan rame rame . ngumpul bareng , anak dikasih porsi makannya sendiri, anak jadi meniru yang dilakukan orang lain, makan! hahahaha. Acho kalau GTM bisa berkali2 diajak ke ruang makan, ya orang rumah kasih contoh makan , bisa ngemil buah dll.
- Biarkan anak bereksperimen . ya makanan diaduk2, diacak acak,  dilempar. Akhir-akhir ini saya sering biarkan Acho makan sendiri, kadang dihambur, diacak sampai meja, dibiarin aja, sambil saya makan atau ngerjain yang lain (misal: masak atau cuci piring) , lama2 kalau anaknya udah bosen ngacak, dikit2 dimakan kok. Sabar :)
- anak udah jerit2 nangis atau rewel minta turun dari highchairnya? turutin aja, biar ga trauma. jangan sampai dia mikir kalo itu kursi teror. balik lagi ke atas, selama anaknya sehat, pasti punya rasa lapar, jadi tunggu sampai lapar lagi :D
- Contohin. Percaya kan kalo anak itu peniru ulung? Sy sih percaya. Jadi kalo anak lagi males2an, ya dicontohin. Misalnya makan roti, sy contohin lagi makan roti dengan ekspresi lebay seakan2 enak banget, jadi anak pun tergoda. Minum jus pun begitu, di sruput heboh,  pas udah beres,,bilang "aaaahhhh...",  seringnya sih triknya berhasil :))))

 Vitamin atau madu yang rekomen apa? maaf, saya ga punya rekomendasi. Memang sempat dengar kalau beberapa jenis vitamin atau madu bisa mendongkrak nafsu makan. Tapi saya sendiri belum pernah kasih ke Acho, dengan pertimbangan bahwa asupan makanannya sudah cukup, gak perlu ditambah yang lain. Saya pun bukan antisufor, cuman sampai saat ini saya rasa Acho belum perlu tambahan nutrisi dari sufor.

Lagi-lagi saya tekankan, sebaiknya kita sebagai orangtua harus tau apa yang dimakan anak, jadi bukan cuma sekedar "perasaan" cukup atau kurang. Dari informasi asupan anak yang kita tau, baru deh tentukan langkah selanjutnya apa, mau tambah ini itu, selama baik, silakan, lebih baik lagi kalau sudah dikonsultasikan dengan dokter :)

Happy MPASI mom

No comments :

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...