Tuesday, June 2, 2015

Serba serbi mpasi baby acho

Buat masalah MPASI, saya dibuat pusing 7 keliling. Koleksi beberapa buku, berbulan2 dibaca malah tambah bingung. Karena ternyata, bukan cuma metode nya yg beda, tapi jenis makanannya juga beda.ada yg bilang bahan a boleh dikasi 6 bulan, ada yg bilang minimal 8 bulan baru coba.



Setelah semedi dan ngobrol juga sama suami, akhirnya saya memilih mengarah ke MPASI yang dianjurkan WHO. Yang seperti apakah itu? Nih.. Dibaca yaa..
Buat ibu2 yang lain Monggo kalo mau pilih cara yang lain, toh siapa juga ya yang mau menjerumuskan anak, pasti ibu punya pilihan terbaik deh :)

Buat alat2nya sendiri sejauh ini masih yang terjangkau, dan ga macem2, semampunya aja.
Alat mpasi baby acho
1. Saringan kawat
2. Panci Kukusan
3. Panci kecil buat rebus2
4. Peeler/ pengupas umbi2an
5. Parutan keju
6. Tempat es batu yg ada tutupnya buat simpan kaldu di freezer
7. Beberapa box2 makanan kecil untuk simpan stok
8. Alat makan (piring, sendok dan.gelas plastik yang bpa free)
9. Hand blender (kalau ini sesekali aja pakenya, lebih sering pake saringan)
10. Food diary, buku catatan biasa sih, buat nyatet makanan apa aja yang dikasi, biar bisa observasi makanan apa aja yang disuka,  gak suka, bikin sembelit, atau alergi.

Untuk slow cooker gak saya beli, mengingat umur pakainya pendek (Umur bayi 1 tahun Udah ikut makanan orang tua lho). Untuk peralatan minum cuma pake gelas plastik, ga pake dot atau cup feeder karena baby acho Udah bisa minum langsung dari gelas, tinggal bantu dipegangin :)

Oiya, selain itu, saya beli baby chair khusus, ceritanya untuk membiasakan baby acho kalo makan ya harus duduk, ga digendong, ga dikejar2. Sejauh ini berhasil, Udah mulai muncul pola jam lapernya bocah ini, duduk di kursi, dia Udah ngerti mau dikasi makan.

Apa saya anti makanan instan? O tentu tidak, saya realistis aja. Kadang kalo ga sempat atau atau lupa bawa, saya pakai makanan instan seperti biskuit bayi ( cek kadar gula dan garamnya ya, rata2 yg dijual di mini market dan supermarket biasa mengandung gulgar, cari yg paling rendah atau ga ada). saya suka pure dari Heinz, makanan botolan, tinggal sendokin, cucok buat baby acho kalo lagi ga sabaran.

Iya, harusnya semua homemade, biar alami dan sehat. Saya juga menuju ke situ kok, yang instan2 jarang sekali dikasih.

Pergi ke mana2 sekarang minimal harus bawa puree buah. Soalny,  kalo saya dan suami ke tempat makan, baby acho juga harus makan, kalo Engga, ngamuk :)))))



4 comments :

  1. nda, coba buat kaldu serbuk aja nda. aku pernah nemu resepnya online lho :* mungkin lebih praktis, dan bisa sekali bikin langsung banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pernah mir..bikin kaldu bubuk buat masakan, enak banget emang, tapi itu bikinnya masyaallah.. Lama bangeeet, mana kudu diaduk terus biar ga gosong.
      Jadi kalo buat baby mah masi lebih praktis kaldu cair yang dibekuin :D

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...