Thursday, April 2, 2015

pengalaman melahirkan [part 2]

Setelah sebelumnya cerita tentang prosesnya di pengalaman melahirkan [part 1] , sekarang ke part 2 nya.

pas tau hamil, langsung deh nanya2 sama temen yang deket area rumah, nanya rekomendasi dokter kandungan. Saya dan suami memutuskan buat kontrol ke dokter di Rumah Sakit Al Islam Bandung mengingat lokasinya yang cukup dekat dari rumah, jadi kalau ada apa2 bisa segera. Setelah beberapa kali ganti dokter, akhirnya kami memutuskan untuk memilih dokter Annisa Spog . Semua masalah cocok2an ya, jadi cocok di saya belum tentu cocok di orang lain. Saya pilih dokter Annisa karena walaupun masih muda, tapi pembawaannya tenang banget, detil menjelaskan, dan ga diburu2 juga.

Tiap bulan saya kontrol, saya tanya ini itu ke dokternya, dan dokter dengan kalemnya bilang itu wajar, banyakin jalan, diminum vitaminnnya, dll. Saya tanyakan juga beberapa kemungkinan terburuk macem tali pusar terlilit dll, tapi dokter selalu meyakinkan kalo semua baik2 aja, kalopun ada kendala, itu diputuskan terakhir, kalau jalan melahirkan normal memang sudah tidak memungkinkan. yang pasti bakal terus diobservasi. Kalau dipikir2, iya juga ya, saya sebagai ibu baru suka mikir macem2 lah, mikir yang buruk, padahal belum tentu juga kejadian :D

Mulai dari minggu 30, saya rutin senam hamil di Rumah Sakit Al Islam. Sesekali sesudah senam dibagikan bubur kacang hijau, entah kenapa, itu malah yang bikin saya semangat datang terus. hahaha. Saya ikut senam hari sabtu , yang setelah senamnya ada penyuluhan. Instrukturnya Mba Ayu, yang sesuai namanya, memang ayu & lincah sekali. Senam sama mba Ayu itu, dahsyat rasanya , gak sekedar senam, tapi buat para ibu yang kehamilannya diatas 36minggu, harus ikut treadmill dan beberapa latihan lain. Ibunya aja? o tentu tidak,, bapak2nya pun disuruh olahraga juga ikutin ibu2nya, biar ikut ngerasain katanya. Pas treadmill bapak2 bagian ngelap keringet ibu2, kocak lah :))


Di minggu 34an, mulai tanya tanya biaya rumah bersalin di sana . Ga kepikiran buat nyari di rumah sakit bersalin lain di Bandung, karena selain harganya jauh lebih mahal, lokasinya pun cukup jauh. itung2 dana yang tersedia, kami berencana ambil kelas 1

Pas udah mulai kontraksi teratur 5 menit sekali, kami sudah berangkat ke rumah sakit. Ternyata semua kamar penuh , cuma 1 kamar yang tersedia, kamar VIP -____- . yasudah diambil aja.

masuk UGD jam 11 malam, jam 12 nya masuk ke ruang tunggu bersalin. Bingung karena ditinggal gitu aja, akhirnya nanya ke suster, katanya jam 5 pagi baru observasi. whaaaat? Sampai jam 2 udah mules2 bingung, sampai muntah2  , 04.00 baru masuk ruang bersalin. disana makin berasa sakit, udah teriak2 ga jelas sampai diinfus, dikasi penenang. jam 7an dokter udah mulai keliatan. selama  masuk ruang bersalin, bidan2nya ga berhenti nenangin, elus2 juga, di samping saya suami ampe ngantuk2 nungguinnya, plus tangannya sakit diremes2. pas dokter udah duduk dihadapan, ngajakin ngeden, semangatnya mulai muncul. Dengan dibantu 1 dokter , 2 bidan dan beberapa perawat, lahirlah baby Acho jam 8 pagi. Rasanya sumringah, udah ga kepikiran itu jaitan, segala macemnya.

Beres Jahit + beres2 peralatan, saya ditinggal sendiri, suami saya ikut suster dan baby Acho yang harus masuk ruang observasi. Sendirian, bengong dong, saya minta tolong suster buat ambil Hp, langsung chit chat sama temen2, telepon mama, telepon adik, sms temen2. gak lemes, malah rasanya seger udah ga mules2 kontraksi. Suami nyuapin makanan banyak2 pun langsung saya lahap, lapaaaar. hahaha

Baru jam 9an saya masuk ruang inap, di sana ada mama mertua yang semaleman nunggu di ruangan, begitu masuk langsung cium2.. uuuu.. terharu <3

saya lupa deh, kalau ga salah baru menginap 2 hari , siangnya udah dikasi kuitansi pembayaran . lah..kirain masi sehari lagi, hahaha, masi pengen leyeh2 di kamar. Memang pas tanya dokter, 1x24 jam sejak melahirkan pun sebenarnya sudah boleh pulang, selama ga ada masalah. Dan memang, saya & baby Acho baik2 saja. Lirik tagihan, eh kok ? malah lebih murah dari biaya perkiraan di kelas 1, padahal saya di VIP. Ternyata ya biaya yang tercantum memang bener2 perkiraan, karena saya & baby ga ada komplikasi , ga induksi dll , biayanya ya sesuai yang digunakan aja.

Recomended? saya bilang ya. suasananya tenang, bidan2 dan perawatnya sabar & ramah. Minusnya apa ya? oh iya, makanannya kurang banyak & wah , ehehe, nafsu makan kan langsung meningkat tajam, jadi bawaannya mau makan yang enak2 dan banyak :D , tapi no problemo kok, toh yang disediakan juga enak

Selama menginap bisa tidur tenang? engga dong. Tiap beberapa jam adaaa aja yang masuk. Ya yang nengok, yang bersihin ruangan, pengantar makanan dan cemilan, visit dokter, visit perawat luka jahitan, dan visit dari instruktur senam nifas. Iye, 24 jam setelah lahiran udah disuruh senam, biar lentur & cepat pulih katanya :))

ya sekian cerita saya. ga banyak foto2, karena memang si suami ga bawa kamera, plus pas lahiran, dianya lupa sendiri, malah nontonin anaknya brojol.

nah buat ibu2 hamil di luar sana, ada beberapa tips dari saya :

- ikuti saran dokter. kalau kata dokter gapapa, ya gapapa. ga usah terlalu khawatir ini itu. misalnya saya nanya pantangan, dokter bilang cuma makanan mentah yang sebisa mungkin dihindari. Jadi ya itu aja yang dihindari , sisanya bebas. Kalau soda memang saya dari dulu menghindari

- ibu hamil itu bukan orang sakit. jadi jalanin kegiatan seperti biasa aja, tapi jangan lupa perhatikan kesehatan ibu dan bayi

- banyak gerak . Saya ga tau ya  , saya itu itungannya banyak gerak atau engga. tapi yang pasti saya jauh lebih banyak gerak dibanding sebelum hamil. Tekanan darah pun jadi normal terus sepanjang kehamilan

- selalu libatkan suami ya ibu2. walaupun cuma ibu yang melendung, tapi kan tanggung jawab berdua :)


welcome home, baby

5 comments :

  1. aaaaaaah, lovely..
    jadi deg2an nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar mah pas hari H nya ga bakal deg2an mir,,, udah pasrah :p

      Delete
  2. Huwaaa jadi ikutan degdeg-an juga >.<

    ReplyDelete
  3. mba mau nanya ini rs alislam nya di soetta atau awibitung. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba ajeng,, sy lahirannya yabg di soetta..

      Delete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...