Tuesday, November 5, 2013

ciri khas crafter

Topik agak sensitif ini sebenernya. Apa sih crafter itu? silakan definisikan masing2 ya,,
apa kalo sekedar bisa bikin itu udah disebut crafter, apa harus udah bisa desain sendiri, atau harus ide murni pemikiran sendiri,, :) silakan tanya ke diri masing2 aja.

Lanjut ke ciri khas. apa itu ciri khas? menurut saya, ciri khas crafter itu kalo misalnya begitu saya lihat produknya, saya tau itu bikinan si A. walaupun ada B yang bikin sama persis meniru A, tapi saya tetap kepikirannya ya A. Get the point? di satu sisi B bisa beruntung krn bisa bikin seperti A, C, D atau E. tapi di sisi lain, sayangnya, dia gak punya ciri , jadi belum tentu ada yang ingat dengan B.

contoh yang berciri khas itu kayak gimana? ini saya coba kasih contoh yaa..
pic from Noialand
Foto diatas dari Noialand, kalo diperhatiin, walaupun bikinannya gak 1 jenis, tapi punya benang benang merah yang bikin satu sama lain mirip. keren ya? iya.

nah,, kalo kita ngeliat ada orang berkarya, dengan hasil  yang wah, berciri khas juga, trus kita harus apa? Appreciate . Hargai, karena harus kita akui kalo berkarya itu gak sekedar bengong doang, perlu pengorbanan, bukan cuma waktu, tapi juga modal pikiran.

"Ah, saya juga bisa bikin yang sama persis kayak gitu!" , ya. tapi pertanyaannya, apa kamu bisa dan pernah bikin sebelum liat gambar itu? again, appreciate. 

"Ah, saya gak bakat ngedesain, gak kreatif, jadi saya plagiat aja biar cepet " ya, coba deh modifikasi, susah? kalo buat modifikasi aja udah ngerasa susah, gimana kalo nge desain dari awal? kreatif itu  menurut saya 90% di usaha, baru 10% di bakat. kalo punya bakat tapi cuma dibayangin aja kan percuma.


Saya tau buat cari ciri khas karya sendiri itu susah, karena saya ngalamin juga. Itu kenapa saya betul2 menghargai usaha orang lain. Selucu2 bikinan si A, sepengen2nya saya bikin yang gitu juga, gak bikin saya seenaknya bikin sama persis, krn saya tau itu ciri khas A, bukan saya. itu kenapa saya usaha, mikir juga, gimana caranya saya mau bikin produk seperti A, tapi harus dengan ciri khas saya sendiri, yang mau ga mau berujung dengan hasil yang beda :) walaupun lama, lambat, dan hasilnya gak se sempurna A, asal emang berciri khas, rasanya puas kok :)  . mana enak udah cape2 bikin karya, taunya ada yang nyeletuk : "Eh, itu kayak bikinannya si itu deh" 

Kalo pemula, boleh ga sih niru2? menurut saya, silakan. Tapi ingat metode ATM, Amati, Tiru, Modifikasi. Terus berproses, nanti ada saatnya deh produk berciri nya mulai muncul. Itu yang saya namakan proses kreatif.

Yuk ah Kreatif ^^

NB : masih pengen bikin karya yang sama dengan orang lain? bisa dicoba dengan membeli pola yang bersangkutan, ikut workshopnya, tanyakan ketentuan nya, beli produknya. Selama legal dan memang pembuatnya ngerasa oke2 aja , kenapa enggak? :D  berkreasi itu menyenangkan kok :D

4 comments :

  1. setuju mbaak...
    aku pertama liat post ini juga dalam hati: "lhoo ini kan yang pernah kuliat di etsy"
    ternyata bener punya Noialand. krn punya ciri jd org langsung "ngeh" akan karya kita.
    smoga makin banyak crafter yg kreatif, ga sekedar tiru-plek-puass... aamiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin,,, dan semoga kita termasuk yang berciri khas ya :D
      makasih udah mampir ^^

      Delete
  2. lagi jalan-jalan di blog-nya mbak (sebenarnya karena lagi nyari-nyari inspirasi boneka TNI hahaha).
    saya setuju tiap crafter punya ciri khas tersendiri (dan saya rasa juga tiap crafter emang harus menemukan ciri khasnya). saya sendiri pernah nyoba ngebuat boneka karya orang lain (karena ada customer yang minta, dan saya nepok jidat karena itu adalah boneka buatan salah satu teman online yang juga seorang crafter). saya buatlah boneka itu, tapi hasilnya jadi beda. ada sesuatu yang beda dari hasil boneka itu, walau bentuk, ukuran, warnanya sama. ya mungkin itu kali ya yang namanya ciri khas. karya orang lain yg 'dijiplak' juga hasilnya bakal beda hehehe :))

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...