Friday, May 24, 2013

tips menggunting kain flanel



hai. mungkin udah cukup banyak yang ulas ini. tapi coba deh ya versinya Ndandut. Gak bisa dipungkiri kalau proses pengguntingan bahan menjadi tahap yang cukup penting dalam pembuatan kreasi flanel. Ada kalanya pas bikin kreasi flanel, walaupun jahitnya rapi, hasilnya gak terlalu bagus? bisa jadi karena guntingannya kurang rapi. merasa kesulitan rapi di kegiatan gunting menggunting?  ini tips dari saya

Persiapan Alat
1. gunakan gunting hanya untuk 1 bahan . pisahkan gunting kain khusus, jangan sampai gunting ini dipakai buat kertas, kawat , dll . usahakan yang yang tajam ya, gunting tumpul susah dipakai untuk menggunting flanel , hasilnya nanti berserabut dan memperlambat proses gunting, & hasilnya kurang rapi. Pastikan juga ujungnya rapat, jadi bisa menggunting bahan sampai ke sudut.

2. sesuaikan ukuran gunting dengan ukuran pola yang mau digunting
foto tampak depan  gunting yg biasa saya pakai
ini ukuran gunting yang biasa saya pakai. banyak banget? iya. kan ukuran kreasi saya mulai dari 3-60cm . rentangnya lebar, mau gak mau pilihan guntingnya harus banyak juga.
Untuk menggunting bagian yang ukurannya kecil, gunakan gunting kecil . mau coba gunting besar? bisa, tapi gunting besar sulit menjangkau sudut2 atau detail karena ukurannya. selain itu, berat! tangan lebih cepet capek . cek ukuran gunting dari samping :
tampak samping gunting. dari kiri ke kanan , no 5-4-3


Begitu juga untuk menggunting ukuran besar, pakai gunting besar. bidang yang mau dipotong besar, jadi kalau pakai gunting besar yang berat, bisa menstabilkan gunting, hasil rapi & lebih cepat  . coba deh pake gunting kecil, beresnya lama & gak serapi gunting besar ketika menggunting lurus.

Menggunting ukuran kecil dan banyak lengkungannya? bisa coba gunting bordir (no 3)

Persiapan bahan
bagaimana cara menjiplak pola? kalau saya pribadi gak pernah menjiplak pola menggunakan pensil/bolpen ke kain. caranya dengan menyematkan kertas pola ke kain menggunakan jarum. perlu menggunting banyak dengan pola yang sama? pakai hasil guntingan flanel pertama sebagai cetakan utama. jadi potongan selanjutnya menggunakan guntingan kain flanel pertama . udah gak perlu pakai jarum lagi :) karena flanel cenderung menempel. masih ragu2? bs pakaikan doubletape di kain pola, dan bisa di tempel berkali2.

Proses Menggunting

1. untuk yang tidak kidal , posisi menggunting seperti ini.  Tangan kiri dipakai untuk memutar kain , yang kanan untung menggunting.  Kain diputar? Iya.. jadi kain + gunting sama2 bergerak . jadi gak ada tuh tangan kanan melingkar2 menyesuaikan ke kain, tapi kain+ pola menyesuaikan juga ke guntingnya




2. Jika perlu, gunakan gunting bordir yang melengkung untuk menggunting bagian lengkungan
penggunaan gunting bordir untuk lengkungan


3. perhatikan sudut pengguntingan. untuk yang melengkung, jangan mulai menggunting tegak lurus, tapi mulailah dari pinggir , supaya hasilnya lebih mulus :)




4. Gak usah maksain motong dalam 1x gunting, terutama bagian yang berlekuk. contohnya seperti ilustrasi di bawah ini . untuk bagian bersudut seperti ini , coba 2 gunting . tapi hati2, jangan sampai sudutnya tergunting ya. pastikan gunting yang digunakan tajam sampai ujung, sehingga memudahkan menggunting sampai ke sudut pola. 

taken from here
5. Latihan . Latihan . Latihan . bukan cuma latihan menggunting, tapi latihan menggunting rapi. memang awalnya terasa susah , gak beres2. tapi kalo udah terlatih, bisa cepat kok :)


semoga tipsnya bermanfaat ya,, selamat mencoba ^^


3 comments :

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...