Monday, May 27, 2013

Isian boneka flanel

kali ini saya bahas isian boneka ya. boneka flanel saya biasanya berisi silikon. silikon itu mirip dakron, tapi dengan tekstur yang lebih lembut dan seratnya lebih pendek. kita bahas kekurangan dan kelebihan  masing masing ya

1. dakron
dakron ini berbagai macam bentuknya, ada yang lembaran, ada juga yang gumpalan seperti kapuk. kualitasnya  pun bermacam-macam mulai dari dakron hitam yang merupakan olahan limbah, dakron KW 1, 2, 3, dst. warnanya rata-rata putih, tapi biasanya dakron yang kualitasnya kurang baik, warna putihnya kusam, butek. Dari harga, jelas lebih murah dibandingkan silikon, macem2 juga harganya tergantung kualitas.

2. silikon
sepengetahuan saya, silikon ini ada yang berbentuk gumpalan, ada juga yang mirip bulir2. ini foto gambarannya. kualitas silikon itu juga macam, tergantung harga. warna silikon lebih bersih , dan lebih lembut.  silikon ini bisa dijemur, gak gampang kempes, dan bisa dicuci juga. Harga lebih mahal dibanding kan dakron

tekstur silikon

udah tau bedanya ya, sekarang, mana yang lebih bagus? kembali ke kebutuhan masing2. misalnya mau buat boneka besar dengan isian yang penuh dan padat , bisa gunakan dakron, dengan harga yang lebih murah, tentu bisa menghemat biaya pembuatan.
mau buat boneka yang ringan tapi mengembang isiannya, bisa coba silikon , karena silikon ini lebih mengembang, jadi gak perlu diisi terlalu banyak. 

ukuran boneka juga mempengaruhi pilihan isian boneka saya . untuk boneka berukuran kecil , saya gunakan silikon yang berbentuk bulir, lebih mudah dimasukkan karena bulirnya kecil. 
silikon bentuk bulir memudahkan pengisian boneka ukuran kecil
untuk boneka besar saya pakai yang silikon biasa, karena gak terlalu licin, jadi gampang diisikan ke dalam boneka . kalo cuma buat 1-2 pcs, teknis seperti ini ga perlu terlalu diperhatikan. tapi kalo bikin banyak, percaya deh, ngisi2 boneka ini beneran ngabisin waktu, jadi harus tau mana yg bisa lebih cepet beres. 


tips mengisi boneka dari saya : jangan emosi. kadang saking pengen cepet penuh, masukin isiannya terlalu besar , sampai di dalam boneka menggumpal dan gak rata. ini salah satu faktor yang bikin boneka terlihat penyok , gak simetris. usahakan isi dari salah satu sisi dulu, misalnya  mulai isi dari sebelah kiri, ketika yang kiri udah terisi penuh dan rata, baru isi bagian kanannya, isi sedikit demi sedikit.  

selamat mencoba !






7 comments :

  1. wah wah lengkap nih cara - cara nya :)

    ReplyDelete
  2. makasih nda' ... jd tambah pengetahuan :)

    ReplyDelete
  3. sama2,, mudah2an bermanfaat ya :)

    ReplyDelete
  4. Wah, saya baru tahu ada dakron yg bentuknya bulir begini, nice info mbak! :D
    Btw klo cari dakron silikon di mana ya mbak? Selama ini cuma ketemu dakron yg biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. carinya di toko khusus dakron, biasanya menyediakan berbagai macam jenis :)

      Delete
  5. Saya pernah pegang boneka yg isinya kya bulir bulir biji, itu apa ya?

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...