Sunday, May 12, 2013

boneka untuk hiasan mahar


Bukan, ini bukan untuk saya :) pertama kali ide ini muncul dari  teman saya yang mau menikah, Mega. Mega mau maharnya beda dari yang biasa , dan akhirnya minta saya untuk membuatkan boneka sekaligus menghias dan mengisi frame nya dengan uang mahar sejumlah tanggal pernikahannya . duh, deg2an . saya belum pernah buat soalnya, apalagi ini mau dibikin buat mahar. ngegulung uang aja  saya gak pernah . 
berbekal nekat, saya terima permintaan mega. tahap pertama, cari buku cara pembuatan mahar. waktu nya pas banget, teman saya , mba crea, baru saja mengeluarkan buku kreasi mahar 3D . buku ini lah yang menjadi penunjang saya belajar tentang teknik2 dasar pembuatan mahar 3D




ilmu dasar udah dapet , tinggal aplikasi ke barangnya aja. sebenernya desain yang diberikan di buku udah keren banget, banyak banget yang bisa ditiru di dalemnya. tapi ga mau ah, biar lebih terasah, mau bikin konsep yang beda aja, hari gini jiplak persiiiiiis?  ish.

ternyata gak segampang yang dibayangkan sodara sodara. mulai dari kombinasi warna, pecahan uang yang dipakai, plus konsep utama, jadi tantangan tersendiri. bikin keringetan en bikin deg2an, khawatir yang minta kecewa. 

desain pertama yg saya coba, kalo diperhatiin, penataannya semrawut,  gak ada point of interest-nya. akhirnya diganti jadi desain seperti di foto paling atas

begitu background, konsep sama tata letak udah oke, tinggal pasang ke frame kayu - kaca nya. masih banyak yang nanya, beli frame nya dimana. ayoooo ,, jangan males nyari info , cek sebelah kanan blog ini , ada label "tempat belanja bahan" , di sana udah saya paparin semua tempat belanja saya.

buat nge lem background ke frame, saya pakai lem fox putih. hati2 pas mengaplikasikan lem nya. kebanyakan bikin kertas background (apalagi yang tipis banget)  jadi keriting atau bergelembung. kalo terlalu sedikit jadi gampang lepas. 
pakai bantuan karton bekas untuk aplikasi lem ke papan frame
 saya suka banget backgroundnya. dusty white . plus ada emboos en sedikit glitter yang bikin penampilannya jadi elegan . small detail, but very lovely . tanpa hiasan apapun, si kertasnya udah cantik

detail di bagian bawah kertas
jadi buat teman2 yang mau menghias maharnya sendiri, jangan khawatir, dicoba aja dulu. kalo usaha, pasti bisa :) apalagi kalau bikin sendiri kan bisa disesuaikan sama selera masing, biar puas rasanya.

dan 1 lagi pengumuman, untuk saat ini saya gak terima pemesanan pembuatan mahar seperti ini mengingat waktu pembuatan yang gak sebentar, sementara kerjaan saya menumpuk :)

No comments :

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...