Thursday, January 31, 2013

jadi seller di Etsy? kenapa tidak?

sebenernya agak minder saya tulis ini, soalnya saya juga masih di tahap belajar, dan ga ada apa2nya dibandingkan seller lain asal indonesia .

di kalangan crafter, Etsy memang nama yang gak asing . Di situs Etsy ini, kita bisa jual beli barang craft, vintage items, & craft supplies .


web yang simpel , tapi keren dengan hadirnya barang2 handmade


banyak pertanyaan yang masuk ke saya. bagaimana caranya bisa menjadi seller? bagaimana pembayarannya? pengirimannya?saya coba bantu kasih gambaran ya :)

1. apa saja yang diperlukan untuk bisa jadi seller di Etsy?
tahap awal, yang diperlukan itu kartu kredit (untuk verifikasi paypal & verifikasi sebagai seller di Etsy) , dan kemampuan bahasa inggris. buat saya, ga usah muluk2, minimal ngerti aja deh. soalnya bakal repot jadi seller kalo ga ngerti bahasa nya.

2. gimana caranya?
untuk jadi member Etsy, mudah. tinggal  daftar (sign up) jadi member. begitu mau jadi seller, cek web bagian kiri atas, nah ada tulisan "sell" klik itu, ikuti petunjuk selanjutnya. teman2 akan diminta data pribadi , juga harus verifikasi pake kartu kredit. gratis kok buat jadi seller, kartu kredit dipake cuma buat verifikasi aja. payment & bill bisa pake paypal

3. kalo udah list barang, apa yg perlu diperhatikan?
-    foto . foto foto dan foto. berkali2 saya harus bilang ini. buatlah foto yang baik, yang jelas dan menggambarkan produk. jauhi foto yang asal2an.please, sekeren apapun karya kalian, kalo foto nya ga oke ,kekerenannya menurun drastis. cek aja home page Etsy, foto produk yg gimana yang bisa mejeng di home page nya. saya sempat buat tutorial untuk pemula
-   manfaatkan fasilitas yang diberikan ketika listing. manfaatkan tag,style & material info sebaik2nya . buat apa? supaya produk bisa ditemukan. jangan salah, seller di Etsy itu super banyak, jadi berikanlah info selengkap mungkin.
-detail produk. berikan deskripsi selengkap mungkin, mulai dari warna, ukuran, bentuk, dll .
-buat policies . hal ini perlu banget untuk mencegah hal2 yang tidak diharapkan. misalnya, kalian ga menerima komplain barang , tulislah di policies, selengkap mungkin, jadi pembeli sudah tau konsekuensinya. hati2, pembeli bisa ngasih feedback lho . feedback jelek? orang2 ga berani belanja di toko kita


4. harganya gimana?
idealnya rumusnya seperti ini :

taken from here

tapi kenyataannya, ga segampang itu ngitung harga. misalkan harga barang ketika dijual di indonesia $3 . pas dihitung2 dengan rumus diatas, harga jual satuannya $6 . ngecek lapak tetangga yang rata2 berdomisili di US dan UK , kok harga barang yang sejenis $25 . yuk diliat lagi, kurs nya aja udah beda. biaya hidup di luar juga udah beda. gaji per jam mereka pun beda. jadi wajar aja hitungannya beda. harga barang dinaikin sesuai standar? oh harus itu! ngerasa gak enak ngambil untung banyak2? then it  up to you, keputusan ada di tangan anda. tapi sebelum memutuskan, coba perhatikan ini :
- kurs mata uang selalu berubah
- ada banyak fee yang harus dibayar. ketika membuat 1 listing produk untuk 4 bulan , Etsy mengenakan biaya $0.2 . sedikit? ayo lanjuuut . kalo barang nya laku, ada fee lagi dari Etsy, sebesar 3.5% dari harga barang ( lengkapnya disini : http://www.etsy.com/help/article/2144. masih ada lagi potongan dari paypal , besarannya bisa di cek disini : https://www.paypal.com/webapps/mpp/paypal-fees
- pengalaman pribadi saya, tekanan dan waktu yang terpakai untuk melayani pembeli di Etsy ini lebih lama daripada pembeli lokal. apa ini gak perlu dihitung?
- ongkir . ongkos kirim dari indonesia gak murah lho. sering kan menghadapi ongkir yang lebih murah dari harga barangnya? sebenernya dari penyesuaian harga, jadi bisa ada subsidi silang . misalnya nih, harga barang $6 , ongkir $9 . rasanya gak rela ya,, tapi coba bandingkan dengan yang 1 ini . harga barang $9 , ongkir $3 .rasanya masih lebih enak liat yang ongkirnya lebih kecil ya daripada yg gede.

dari penjelasan saya tadi udah ada gambaran kan kemana kelebihan harganya? dari selisih harga tersebut bisa dipake buat antisipasi nilai kurs mata uang, bayar fee, untuk menanggulangi hal2 tak terduga, dan subsidi ongkir. sisanya? ya silakan dinikmati :)
pernah kepikiran ga, kalo kita masukin barang dengan harga supermurah ke negara2 tersebut, ada harga standar yang terganggu? ya memang semua ada rejekinya masing2, tapi ga ada salahnya saling mendukung kan, bukan menjatuhkan.
Dan yang perlu jadi pertimbangan, harga yang terlalu murah kadang membuat calon konsumen curiga .curiga kualitasnya ga bagus, curiga barang ga sesuai deskripsi, curiga kalo pembuat aslinya adalah buruh yang masih anak2 dan digaji gak sesuai, dll
tapi sekali lagi, keputusan penentuan harga ada di tangan masing2 :) tinggal diasah insting ngatur2nya aja :)

5. pembayarannya gimana?
bisa pake paypal, bisa pake kartu kredit. begitupun dengan tagihan2 yang harus dibayar

6. pengirimannya gimana? 
biasanya saya pakai POS Indonesia. ada beberapa layanan paket yang ditawarkan pos. silakan langsung kunjungi kantor terdekat ya buat tau detail nya bagaimana, kaena kadang kebijakannya suka beda2

7. masih kurang jelas nih, gimana dong?
ini saatnya kemampuan membaca teks bahasa inggris anda dipergunakan. silakan baca2 lagi artikel dibawah ini. gak usah khawatir kalo lama beresnya, gak ada yang instan kok :)
ini resmi dari etsy:  http://www.etsy.com/blog/en/category/seller-handbook/
link asik lain :
http://www.handmadeology.com/10-real-tips-for-successfully-selling-on-etsy/
http://www.handmadeology.com/a-must-read-for-all-new-etsy-sellers-6-etsy-tips-for-beginners/

8. Share dong pengalamannnya jualan di etsy
yang pasti proses belajarnya ga sebentar, sampe detik ini pun saya masi terus ngulik. saya daftar jadi member tahun 2010. setahun mengamati, baru saya daftar jadi seller, en baru 3 bulan kemudian saya mulai list barang2. penjualan pertama? 6 bulan kemudian :)
saya gak fokus di etsy, buat saya etsy itu sampingan, karena waktu saya udah abis di penjualan lokal . saya ga pernah promosiin produk saya, jarang main ke grup dll , jadi saya hanya mengandalkan Tag, & informasi produk , biar bisa di search orang. udah, itu aja. jadi lebih mengandalkan pencarian orang hehehe. dan sampai saat ini saya masih belajar juga kok, masih banyak yang harus saya benahi :)


nah gimana? udah mulai tertarik? atau malah jadi males karena ribet? bebas :) yang penting kita hepi ^^
ayo, ada yang mau sharing juga atau nanya2? boleh,, langsung komen di bawah yaaa..



Setiap pencapaian selalu ada pengorbanan. Jika anda malas untuk berusaha dan berkorban, mengapa berharap sesuatu? Toh tidak ada yang anda berikan, mengapa harus menerima?! Jika anda malas untuk meningkatkan kualitas diri, mengapa berharap peningkatan pencapaian? Jika malas mencoba, mengapa berharap berhasil? (motivasi-islam.com

13 comments :

  1. ajib ilmu baruuuuu ^^ makasih teh ndaa... ^^

    ReplyDelete
  2. ternyata banyak yg harus di bayar ya >_< aku kira bisa untung banyak xD

    visit my blog ^^
    www.luchluchcraft.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ilmu nya Mbak (masih mengamati, berniat buka toko juga)

    ReplyDelete
  4. ilmu yang bermanfaat banget :) aku juga pengen banget jualan di etsy, tapi masih banyak hal yang belum aku ngerti. Gini, kalo masalah ongkir untuk jual beli internasional, biasanya buyer atau kita sih yang nanggung ongkirnya? trims n salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimana2 pasti buyer yang nanggung ongkirnya mba. Silakan dibbaca2 lagi aja y. Help nya etsy :)

      Delete
  5. manfaat bgt... aku juga masih mengamati.
    Kunjungi blog aku ya luthyproject.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. halo Mba, salam kenal :)

    terima kasih ilmunya, tapi aku masih ada pertanyaan nih, boleh ya :)

    aku baru banget join etsy dan berniat jual boneka rajutan, nah aku cari tombol "sell" seperti petunjuk Mba, tapi gak nemu. nemunya "your shop" samakah?
    nah di "your shop" ini ada 4 langkah yg harus kita tempuh.
    1. name your shop
    2. list item
    3. get paid
    4. open shop
    nah aku baru sampe no.2 mba, dan kebingungan.
    karena item yg aku mau jual ada beberapa. nah ini maksudnya yg mana.
    atau apakah tiap kita tambah item baru akan selalu melalui 4 langkah ini (seperti buka toko)?

    dimohon pencerahannya Mba, heehehe

    terima kasih,
    lisa

    ReplyDelete
  7. tertarik sekali mbk, masih pusing main pasar lokal
    apakah etsy seribet pasar lokal dan harus butuh customer service?
    terima kasih atas jawabannya :)

    ReplyDelete
  8. tertarik sekali mbk, masih pusing main pasar lokal
    apakah etsy seribet pasar lokal dan harus butuh customer service?
    terima kasih atas jawabannya :)

    ReplyDelete
  9. kira2 ada sistem bagi hasil ga kayak tees.co.id? misal keuntungan 20% buat ecommerce nya

    ReplyDelete
  10. I really enjoy simply reading all of your weblogs. Simply wanted to inform you that you have people like me who appreciate your work. Definitely a great post. Hats off to you! The information that you have provided is very helpful.


    make money online fast

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...