Tuesday, November 15, 2011

tips foto produk untuk pemula

Hai hai,, :) tadi pagi saya sempatkan “belajar” di etsy  tentang bagaimana cara membuat foto produk untuk pemula. Ini link  video dari etsy nya :

 
Sekalian saya buat resume ya biar saya nya juga inget. Hehehe. Intinya , Buat foto yang jelas dan kuat, buat orang yang liat fotonya jadi tertarik.Siapkan kamera digital, space untuk tempat foto, dan latar foto yang baik, dan pencahayaan alami. Sebisa mungkin hindari flash ya,, 

1. Eksperimen. Berkeliling di sekitar objek, coba berbagai sudut pemotretan , foto objek close up, wide shot, coba berbagai latar foto. Cari yang paling bisa memunculkan produk.
 sebagai contoh,, untuk 1 boneka owl ini aja paling engga saya ambil foto 12x


2. Edit foto . mulai dari Crop (potong foto), koreksi warna, kecerahan foto 
foto sebelum di edit
setelah diedit

3.Jaga agar produk  tetap dalam konteksnya. Skala, ukuran dan penggunaannya. Jadi misalnya produk yang dipunya itu syal, coba buat fotonya ketika digunakan. Kalo bikin bantal, coba foto ketika bantal itu ada di kursi, jadi orang bisa membayangkan wujud aslinya seperti apa.

4. Buat foto yang bisa menjelaskan pertanyaan konsumen . tunjukkan detailnya, teksturnya, dan perbandingan dengan benda lain


  

dan kita sudah punya beberapa foto produk ^^ yeeaaaaay

------------sekian tips dari etsy-----------


oya,, kamera yang sy pakai bukan kamera canggih loh ya (ya iya lah) ,, cuma kamera digital biasa. untuk produk yang difoto jarak dekat+tunjukin detail,, coba diatur kameranya jadi mode makro. fokus juga harus diperhatikan. buat yang fotonya pake kamera hp,, tetap bisa dipake tipsnya,,pinter2 aja cari angle yang pas ^^

jadi kalo ada yang mikir kalo foto produk orang bisa dicomot sesuka hati,, bisa dipake buat kepentingan komersil..dan diaku-aku sebagai pemilik foto.  tolong yah pikir ulang :)  ada usaha di baliknya,, ada waktu yang tersita, ada ide orang yang terkuras dibaliknya. jadi gak segampang itu buat bisa muncul satu foto. apalagi foto barang handmade. barang yang dibuat bisa sama (walaupun rasanya kurang mungkin bisa sama persis) , tapi tetap aja,, apa yang dibuat itu beda penanganan, beda pemilik, jadi rasanya kurang bijak pake foto punya orang lain.

dan buat yang pernah dicopas fotonya. sabaar :) orang baik pasti dapet yang baik, begitu juga sebaliknya. doa orang yang disakiti lebih mujarab kan? mumpung lagi disakiti tukang copas,, mari kita berdoa yang baik2 untuk kita,,hihihihiihii. jangan bikin hati kita kotor gara2 mikirin tukang copas foto. mari berkarya!!! :)

12 comments :

  1. waaahhh rajinnya linda buat ulasan ini..makasih yaaa^.^
    iyaa niiyy tiap foto prodak pasti fotonyaa buanyaak..padahal yang di ambil cuma satuuu ^.^

    ReplyDelete
  2. iya sama2 ^^
    @citra : errr,,,enakan kalo abis belajar dibikin begini citra,, soalnya pasti suka lupa kalo ga ditulis,,,hahahaha . iya,, kadang ampe puyeng sendiri milih foto yang mau dipake,,

    ReplyDelete
  3. kereen.. makasih sharenya loh mbak :D
    untuk onlen shop, foto produk itu penting... jadi baiknya emang mesti meyakinkan fotonya :D

    ReplyDelete
  4. waaah... thanks bgt atas tipsnya Mbak...
    Mmg bener kalo pgn nemu angle yg pas, d suka moto berkali2.. Ga cocok didelete, kalo pas baru diambil, hihi... :D

    ReplyDelete
  5. Ulasannya top markotop mbak, khususnya buat pemula seperti saya. Salam kenal,

    ReplyDelete
  6. Bagus bgt tipsnya...sy jepretnya cuma pake Hp..

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...