Sunday, November 6, 2011

Cat/Tinta Timbul

sebelumnya,, saya mau ngucapin selamat hari raya idul adha ya teman2 :)






kali ini saya mau ngobrolin tinta timbul. Kalo ada yang nanya boneka yg pake seragam loreng hiasnya pake apa,, motif baju pake apa,, jawabannya ya ini, pake tinta timbul. ada 3 jenis tinta timbul yang saya pakai

1. puffy paint amos . di Gramedia banyak dijual. pas beli, warnanya pastel.. tapi begitu diaplikasikan & kering,, warnanya jadi gelap & semi transparan. tinta timbul ini gak luntur kalo dicuci

2. tinta timbul tanpa merk. yang ini saya beli di toko penjual bahan2 kerajinan. warna sebelum dan sesudah keringnya sama. krn ujungnya kerucut, bisa dipotong ujungnya sesuai keperluan. karena saya sering pake buat hiasan kecil2, jadi ujungnya saya potong sedikit aja. sayangnya,, krn ada campuran air di komposisinya, jadi emang ga tahan air. saya paling suka pake yang ini, murmer & enak dipake

3. tinta timbul studio 13. katanya ini buatan lokal,, dan bagus lho,,tahan air. warna cat sebelum dan sesudah kering itu sama . sayangnya, saya agak kesulitan pakenya, gampang banget kering, jadi repot buat bersihin lubang tinta yg ketutup + lama2 tinta yg di dalam tube jadi kental. jadi ini enaknya 1kali pake,, sekali abis. bisa dibeli di toko2 buku. tapi kudu hati2 ya,, saya pernah beli yang (kayaknya) palsu soalnya luntur kena air dan ga berbau.


ini penampakan masing2 nya ya



ini contoh boneka yg pake tinta timbul



so far menyenangkan pake tinta timbul. bikin felt polos jadi lebih semarak. paling kendalanya di pemakaian. kalo pake nya dikit2,, nyiapin tinta timbulnya aja ( bersihin lubang tinta, keluarin tinta yg terlanjur padat, atur lubang tinta) jauh lebih lama en lebih banyak yg kebuang daripada yg kepake. makanya lebih enak ngerjain sekaligus banyak,, jadi tinta + waktu persiapannya jadi lebih efisien.


3-3nya saya pake semua , tergantung kebutuhan aja. kalo untuk pajangan,, saya lebih sering pake tinta yg biasa,, krn bisa detail. tapi kalo pesen yang ada fungsinya,, gak menutup kemungkinan bakal kecuci kan?jadi saya pake yg tahan air, tapi dengan resiko boneka yg saya hias ga terlalu detail.


kalian pake yang mana? :D

No comments :

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...