Saturday, October 1, 2011

mini matryoshka




belajar bikinboneka matryoshka mini yuuuuuk :)

bahan :
1. kain felt
2. dakron
3. aplikasi
4. lem
peralatan : gunting & jarum

cara pembuatan :
1. buat polanya . hah?kok ga ada polanya? tenaaang,, ini sederhana kok,, itung2 latihan bikin pola. buat matryoshka bentuk utamanya cuma dari 2 lingkaran. paling enak kalo pake jangka, bisa diatur2 ukuran bulatannya. kalo ga ada jangka,, pake ilmu bulatan kira2 juga cukup kok. hehe. bagian badan, bulatannya lebih besar dari kepala .


diliat dari gambar, kira2 kebayang ga 2 bulatan pertamanya? begitu 2 bulatan membentuk badan, itu udah jadi pola badan belakang. jiplak pola badan belakang ini 2 kali. 1 untuk bagian penutup kepala, gunting bagian bawahnya, 1 pola lagi potong bagian atasnya utk bagian perut. trus buat lingkaran kecil buat muka & rambut .

untuk mini matryoshka yang saya buat ini tingginya 3cm ya, jadi dikira2 aja proporsi tubuhnya,,

2. potong bahan sesuai pola. semakin mini ukuran bonekanya, makin susah potong kain feltnya. pake gunting kecil yang ujungnya tajam bisa ngebantu banget :)

3. jahit ekspresi muka nya

4. lem bagian penutup kepala dengan perutnya. hati2 ya, jangan sampai lem kena ke bagian kain yang bakal dijait, soalnya pasti jadi susah ditusuk jarum


5. jait boneka dari bagian bawah . jaitnya pake jait feston. semakin kecil boneka, makin kecil juga jaitannya.sisain sedikit bagian yang ga dijait, buat masukin dakron. masukin dakronnya dikit2, pake tusukan kecil, biar ga rusak jaitannya :)



6. badan matryoshka udah jadi, tempel muka , kasih aksesoris di bagian perutnya. jadi deeeeeh. hore \(^_^/


selamat mencoba,,, :) kalo udah nyoba,, kasi tau yah,, biar sayanya bisa intip2. hihihihihi

2 comments :

  1. waduuuuuhhh... imut2nyaaa.... kecil mungil ngil ngil ^^

    ReplyDelete
  2. lucu banget...pengen nyobain diyumah akh...^_^

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...