Wednesday, November 3, 2010

sewing organizer

Halooo.. harusnya tutorial ini dibuat tadi malem, tp karena mati listrik, apa daya baru dibuat pagi ini. saya coba bikin tutorial buat bikin ..hmm,, apa namanya ya? organizer alat2 jahit? you named it.. :D

pertama di pemilihan bahan. untuk feltnya saya pilih yang kualitasnya cukup baik. felt biasa gampang berbulu, jadi saya pilih felt misty & melt motif impor. 2 bahan ini (saya) rasa cukup tebal & kuat :D saya pilih tema warna oranye cerah. potong 2 lembar kain felt sesuai ukuran yang diinginkan. saya buat ukuran 24cm x 20cm. 1 lbr untuk bagian dalam, 1 lbr untuk bagian luar.

jahit bagian tengah kain seperti ini, supaya pas dilipat ga menggembung + sebagai pembatas kantong dalam. saya jait mesin, tp bisa jait tangan juga.


oya, jait 2 lembar ya.. untuk flanel motif dijadikan bagian luar, dan yang polos untuk bagian dalam.

selanjutnya, gunting memanjang 1 bagian felt dalam, untuk dipasang resleting, lalu jahit resletingnya

next, jiplak gunting kesayangan diatas kertas, baru buat pola case nya. potong kain sesuai pola gunting. potong juga kain berbentuk persegi untuk tempat jarum.susun kain utk gunting dan tempat jarum.kalo masih ada space kosong, bisa ditambahkan hiasan2 lain. saya tambahkan huruf n.




jahit feston pinggiran2nya. untuk tempat jarum bagian atasnya ga usah jait, biar bisa jadi kantong serbaguna.

kalau suka orat oret, boleh ditambah tempat pulpen seperti ini,, gunakan kain sesedikit mungkin, karena semakin banyak bahan yang dipakai, semakin tebal organizernya.


udah beres hias bagian dalamnya? jahit feston pinggiran organizernya.

begini jadinya
kalo mau ada kantong tambahan, sisipkan resleting dibagian ini :
jadi di bagian sisi kanan ga dijahit feston tapi ditambahkan resleting. kantong bagian ini bisa dipakai untuk menyimpan bahan-bahan.

untuk hiasan di bagian depan, bebas.. saya tambahkan hiasan lolligirl kesukaan saya,, :D semua potongan badannya saya lem di tiap bagian, kecuali tangan dan kaki, dibiarkan menjuntai. biar kayak dompet,, dibuatkan sambungan khusus, jadi bisa buka tutupnya pake velcro. velcronya cukup dilem pake lem tembak, udah kuat banget kok nempel ke feltnya. jangan sampai tertukar posisi velcro nya, krn kalo yang kasar di pasang di bagian yang menjuntai, bisa merusak bagian2 felt (jadi berbulu).


dan voilaaaaaaa... ini foto jadi. organizer ini udah diisi perlengkapannya lho, ga terlalu tebal kan?

kalo dibuka bentuknya gini :

resleting di bagian kiri bisa dipakai untuk menyimpan pola, peniti bros, gantungan, dll. resleting bagian kanannya bisa buat bahan & benang.


ini perbandingan sama tangan (lho? :P )
jadi kayak dompet ya? sebenernya bisa lho jadi dompet juga, , tinggal ganti bagian case gunting jadi tempat2 kartu dan foto. kantong kiri utk simpan uang, yang kanan untuk simpan gadget :)


yup, sekian tutorialnya. maaf berantakan .. m(_ _)m

26 comments :

  1. like this...ntar praktek aah...tengkyuu teh ndaa...

    ReplyDelete
  2. mantapppp.... neng Linda kreatif sangatttt :) :)

    ReplyDelete
  3. mantap...bagus banget...makasih ya tutorialnyaa

    ReplyDelete
  4. I want it I want it I want it!!! gmn caranya??

    don't forget to join my international giveaway :)
    http://idekuhandmade.blogspot.com/2010/10/october-27-giveaway.html

    cheers,
    ideku handmade

    ReplyDelete
  5. mau apa mba puri..? :D
    hehehe.. btw,, saya udah ke tkp ,, siapa tau dapet giveaway nya.. :D

    ReplyDelete
  6. kereeenn !! warnanya juga eye-catching
    jadi pengeeenn..:)
    Aku follow balik ya mbak

    ReplyDelete
  7. Wah...kreatif banget,pngen langsung praktek neeeh....thanx buat idenya.

    ReplyDelete
  8. kalo tempat itu di jual harga brpa ?

    ReplyDelete
  9. kerennn tutorialnya.. dan sukaaaa banget ama flanel kotak2 orangenya.
    thx for sharing ya ;))))

    ReplyDelete
  10. ijin copast di blogku
    ntar aku cantumin sumbernya kok :)

    ReplyDelete
  11. Baguuuuss....
    Tapi kak, kalau ukuran flanelnya 24 kali 24 bisa ga?

    ReplyDelete
  12. bebas kok,, ga ada ketentuan ukurannya gmana,, tergantung selera aja :)

    ReplyDelete
  13. mba, untuk pasang resletingnya pake mesin ya???ato bisa jahit tangan?? trus kalo semuanya jahit tangan, kuatkah??? soalnya aku ga punya mesin jahit.

    ReplyDelete
  14. jait tangan aja kok,, en ampe sakarang masih kuat. selamat mencoba,, :)

    ReplyDelete
  15. tutorialnya keren mbak. thanks for sharing. ijin share link ya di Indonesia CraftyBlog

    ReplyDelete
  16. cute banget. thanks udah sharing!

    visit my blog ^^
    www.luchluchcraft.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. kratif..ni, bisa buat sesuai kebutuhan dunk

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...