Tuesday, July 18, 2017

Katalog Warna Flanel



4 Tahun lalu, saya pernah buat postingan tentang Jenis kain flanel . Nah, kali ini mau coba posting katalog warna flanel. Jadi, dulu waktu saya masih sering pergi belanja bahan di bandung, ke toko A katalog warnanya bikin sendiri, cuma dinomerin . ke toko B ada katalognya bagus, tapi  ga bisa beli katalognya, plus banyak warna yang gak masuk ke toko tsb :)))

Makin lama, makin jarang juga saya pergi belanja , seringnya belanja online. Ol shop langganan flanel blend memang jual katalog, untuk memudahkan pilih warna kain, karena kadang yang di layar bisa beda sama kenyataan kan? Nah, baru- baru ini saya nemu 1 olshop yang menjual kain flanel taiwan KW1 yang juga jual katalog, asik doooong, biar akurat jajannya. Dan ternyata warna kain flanelnya cukup lengkap, sampai 82 warna (dulu kayaknya di angka 50-an) . Wow, entah saya yang udah kelamaan gak belanja flanel sampe ga tau kalo warna flanel taiwan udah sebanyak itu, atau gimana, saking penasaran ya saya pesen semuanya :D

1. Katalog flanel taiwan KW 1

Saya dapat katalog ini dari Hana Lupi Craft . Katalog kain ditempel di kertas A4, Tapi karena saya orangnya ga apik, jadinya gampang banget lecek :)) akhirnya saya pindahkan ke kertas concord tebal biar agak awet. 
Seperti namanya, KW1, kualitasnya bagus, konsisten , cuma ada beberapa warna yang sedikit lebih kaku. dari warnanya, belum banyak yang baru, jadi hanya berupa gradasi aja. misalnya warna merah ini . Raspberry, Carmine, Strawberry, dan Red punya warna yang nyaris mirip, beda tipis, jadi misalnya saya disodori 1 kain merah tsb, saya ga bakal tau yang mana , kecuali liat katalognya. Sama pula dengan yang pink, cotton candy-baby pink dan belle-watermelon punya warna yang beda tipis. 

4 varian merah

varian pink dan orange
Dari segi harga, beuuuh, terjangkau banget pokoknya. Saya lebih suka belanja flanel di Indonesia lho daripada di SG, karena entah saya yang ga nemu atau gimana, tapi yang jual flanel kok kualitasnya ga bagus ya, tipis , berbulu banget, warna terbatas, dll. 

Nah, yang saya suka, ternyata ada warna baru yang cakep banget, warna olive. Buat daun bagus banget , ga terlalu gelap, tapi ga ngejreng juga warnanya. 


2. Katalog flanel Blend

Belinya di Benziefelt
Terakhir pas saya beli katalognya, ada 80 pilihan warna. Sekarang udah 90an warna. Cakeep. Tapi berhubung katalognya mahal, dan sayang sama katalog lamanya, jadi saya cuma beli warna yang belum punya, baru ditambah ke katalognya.  
warna baru yang saya dapet
Dari tekstur lebih padat dari flanel taiwan. dari warna juga lebih beragam, warna barunya cakep2. Yang bikin kaget, ternyata warna mint baru ada di Olshop ini lhooo,,padahal flanel taiwan dari jaman dulu udah punya warna mint. 
nih yang penasaran "beda" nya flanel akrilik & blend. warna merah pembatasnya, bagian bawah flanel blend cenderung lebih padat dibanding flanel akrilik di bagian atas
Kenapa saya sering beli flanel blend? karena variasi warna aqua dan toskanya masih lebih banyak. Itu warna kesukaan saya :)
Warna yang flanel akrilik ga punya :)

Dari harga mah lebih mahal pasti, karena dari harga bahan bakunya juga udah beda, ongkos kirimnya juga beda. 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Buat yang doyan belanja online, terutama kain, penting rasanya punya katalog. Dulu pernah saya pesan flanel blend, warna yang saya mau beda di layar komputer, jadi salah beli, mana belinya agak banyak juga. Keluar biaya sedikit buat beli katalog, boleh lah. Satu toko dengan toko lain bisa beda lho katalognya, misalnya dari nama, buat warna yang sama, nama bisa beda atau nama sama tapi warnanya beda

nama sama, warna beda

warna sama, nama beda. yang satu olive, yang satu moss
Biasanya nih, tiap sy posting kain atau katalog flanel, pasti muncul pertanyaan, yang sebenernya udah sering juga dijawab. Jadi sekalian saya kumpulin FAQ nya di sini

Q: bagusan mana, flanel di indo sama yg di luar negeri?
A:  tergantung bahan, di luar negeri juga ada kok flanel akrilik yang kualitasnya macem2. Cumaaa..kalo di indonesia sebagian besar yang dijual bahan dasarnya dari akrilik.

Q: bagusan flanel taiwan atau flanel wool blend
A: kalo dari segi warna dan tekstur, bagusan blend. Kalo dari segi harga, bagusan flanel taiwan

Q: belinya di mana?
A: online, link toko nya udah saya cantumkan di atas. Plis jangan tanya kalo di kota x, y, z dll bisa dapetnya dimana, saya bukan agen, jualan juga engga 😄

Q: harganya berapa?
A: harga bervariasi dan bisa berubah sewaktu2, silakan hubungi penjual langsung. Tapi kalo butuh perbandingan, harga 1,25m flanel taiwan kw 1 setara dengan 1lembar flanel blend seukuran kertas a4. Sudah ada bayangan?

Q: mau beli, bisa? Nitip tolong beliin?
A: maaf ga bisa 😄

Q: ini sponsored post ya?
A: bukan, saya belum setenar itu sampe disponsorin. Post ini dibuat tanpa sponsor, biaya full saya yang tanggung sendiri


  • Mudah2an bermanfaat yaaa,, kalo masih ada yang mau ditanya, tinggalin komentar di kolom bawah...



Friday, July 14, 2017

Mom and baby : Kangaroo version

Bulan puasa mungkin jadi bulan  paling produktif saya untuk ngecraft. Banyak yang jadi. Salah tiganya ini . Boneka flanel kanguru lengkap bersama anaknya. Enaknya pola 3d, gak perlu mikir gimana caranya boneka berdiri pas lagi pemotretan, minusnya, pe er jahitnya jadi lebih banyak.


suka sama ekornya yang ginuk2


trio mommy lagi kopdar
Saya buat ini pas lagi galau sebenarnya, hahaha. Karena bosan di rumah, gak ada temen ngobrol atau kopdar, jadi saya alihkan ke jahit para ibu kanguru ini. Merasa senasib karena harus bawa anak kemana2, buat saya keasikan buat beberapa pcs, dengan harapan siapa tau nanti2 bisa ikut bazaar lagi yekan, jadi bikin stok dari sekarang :D


Sew Along HQ : Handquilting Sue Sunbonnet

Awal bulan puasa, saya lihat ada update baru dari grup FB yang saya ikuti, HandicraftQta . Updatenya yaitu acara #sewalongHQ. Di tantangan online ini, anggota grup diajak berpartisipasi membuat 1 project, sarung bantal sue sunbonnet. Pola disediakan, tutorial per stepnya diberikan gratis secara berkala tiap minggu, sebanyak 3x.

Untuuung ada perca batik yang dibawa dari bandung. Kalo enggak, udah mundur teratur dari sewalong :)

Menggoda? tentu. Memang ga ada hadiahnya, tapi buat saya yang haus nge craft tapi males, acara jahit bareng ini lumayan jadi motivasi. Apalagi saya belum pernah coba quilting karena liatnya aja udah kayak njelimet. Challenge accepted! Untuk sew along kali ini tutornya mbak Arista Yuliana.

Minggu pertama, Tutor part 1 , peserta diminta buat siapin bahan, buat quilting Sue sunbonnetnya dulu. Alhamdulillah, tahun lalu saya sempat beli perca batik, jadi ada sedikit variasi. Bahan utamanya, saya ambil dari bahan baju saya :))) Sisanya, macem kain polos, batting dll saya hunting di daiso.

 oke, buat part 1 ini serunya karena belajar padu padan warna, plus coba jiplak pola ternyata salah , malah jadi balik arah sue nya.



Minggu kedua, handquilting semua cover depan. Handquilting sodara2, bayangkan keringat dingin saya mengucur :))) karena gegayaan , pola quiltnya saya buat rapat2, alhasil jadinya lama. Eh tapi seru lho, sambil nemenin anak main, sambil quilting. Gak punya thimble dan males belinya karena jauh, jadi saya nekat aja pake jarum payet. Eh ternyata gampang lho pake jarum payet, karena tipis dan kecil, gampang tembus, ga perlu tenaga ekstra buat tembus2in jarum ke kain. Buat saya , tutor part ke dua ini yang paling menantang




Minggu ketiga, udah waktunya saya siap2 buat mudik lebaran. Tapi kok sayang ya kalo projectnya diterusin abis lebaran, jadilah kebut sehari jadi buat rakit sampai beres jadi sarung bantal.

sarung bantal baruuu <3

Kesimpulannya, ternyata seru juga nih quilting, saya suka karena ga perlu terus2an ngukur atau pakai penggaris. Tertarik buat lagi? oh sudah pasti, tapi gak sekarang2 juga, karena cukup ngabisin waktu ya,,

Friday, June 2, 2017

Mulai dari nol

Rasanya mulai dari nol? Saaaaakiiiiiit...hatiiiiikuuu *becanda :D

Apanya mulai dari nol? ngumpulin bahan2 craft. Tahun lalu karena harus pindah, bahan2 craft semua dijual, karena diyakini ga bisa nge craft lagi. Tapi ternyata pusing juga kalo harus ngerjain kerjaan rumah tangga terus, tanpa jalani hobi, jadi pelan2 mulai menggunung lagi bahan2 saya. hahaha

Dari beberapa bulan lalu sudah mulai pemanasan bikin ini itu, tapi baru bulan mei lalu saya serius buat berbagai macam kreasi. Bulan puasa ini malah makin produktif. Sayangnya Hp sayarusak, masih diservis jadi belum bisa sharing di instagram. Oiya saya buat instagram khusus untuk kegiatan saya , dengan id : @ndandut.craft . Silakan lho yang mau follow

Beberapa hari lalu pesanan kain flanel saya sampai, cukup 9 hari shipping dari US . Masih ada sih beberapa kantong kain yang saya beli dari daiso, cuma saya gak tahan dengan warna2 baru yang dikeluarkan toko flanel ini.


Udah gemes beluuuum? Di indonesia setau saya sekitar 40an warna ya? dulu terakhir saya beli di toko ini, sudah ada 80 warna. Eh taunya sekarang udah 90 warna, semangat lah saya koleksi warna2 barunya. Harganya memang cukup tidak terjangkau. Satu helai a4 flanel ini lebih mahal harganya dari 1m kain flanel di Indonesia. Tapi seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya, kualitasnya memang bagus sekali.

Beli kain flanel di singapura? Percayalah, di Indonesia kualitas dan harganya masih jauh lebih bagus. Dengan semangat 45 saya buat boneka flanel ini.. Setelah lama gak bikin boneka, jari2 rasanya kaku, jadinya lama pula :)


Ini pertama kalinya saya pakai benang wol untuk rambut boneka. rasanya was was plus bingung, karena sebenernya gampang2 susah buat rambutnya. Sudah beres pasang rambut, saya bingung lagi rambutnya mau dimodel apa. Jadi saya biarkan saja tergerai. Masih ada satu badan boneka lagi yang sudah jadi, tapi belum didandani. Hmm,,,didandani seperti apa ya?

Saturday, May 27, 2017

Blogwalking


Seiring dengan berkembangnya sosial media saat ini, perlahan2 blog makin ditinggal pemiliknya. Termasuk saya, hehe, dengan berbagai alasan. Mungkin karena sosmed lain lebih gampang diupdate ya dibanding blog, instagram misalnya. Cukup modal Hp berkamera , upload deh foto terkini berikut captionnya. Saya sendiri pun begitu, jauh lebih update instagram, FB , dll.

Tapi kalo memang lagi ada waktu kosong , saya masih sering blogwalking di reading list saya sembari hapus2 yang udah ga pernah aktif lagi. Yang sedih blog2 craft udah banyak banget ya yang gak aktif (termasuk blog saya ini) , jadi ya paling lirik2 blog lain. Ini beberapa favorit saya :





fotonya pas di santorini

kalo ini ibuk linda di santorini ..KW... oke maap :P






Kesamaannya apa diantara 3 blog itu? sama2 bigsize , tapi minus drama yang diumbar, plus karir yang warbiyasak. aaaak..seneng deh liatnya :3





Thursday, May 25, 2017

Sealife felt

Mumpung liburan ke pantai, nge craftnya juga ga jauh-jauh dari sealife creatures .

udah bawa bahan dari rumah

Bikinnya sehari satu, biar ga berasa dikejar2 yes. Banyak yang nanya beli flanelnya di mana? Saya beli online dari US ya teman2, karena seperti di ketahui, warna flanel yang beredar di indonesia terbatas. 


Bikinnya ubur ubur, sotong dan kuda laut. sebenarnya ada bintang laut juga, tapi baru saya selesaikan di rumah :)

(Finally) Family Holiday

Setelah pak suami pulang dinas dari US, saya (akhirnya) diajak pergi liburan. Mumpung lagi ada tanggal merah di tengah minggu, jadi sekalian aja ambil cuti 2 hari lagi. Masalahnya adalah, ke mana?

Cek wilayah sekitar, thailand, bali, malaysia dan batam. Yang paling memungkinkan ya Batam atau malaysia, karena transportasinya paling murah, plus paling singkat durasinya. Kami termasuk orang yang bepergian last minute, alias gak pernah pesan tiket atau merencanakan liburan jauh2 hari, jadi harus pasrah ga dapet promo apapun, karena jujur aja susah komitmen liburan dari jauh2 hari. biasanya lebih berhasil dadakan :))))

Dua malam googling wilayah sekitar, akhirnya dipilihlah resort di Batam. terminal ferry nya gak begitu jauh dari rumah, durasi di ferry cuma 30 menit, dari terminal ferry di batam menuju lokasi resort juga cuma 5 menitan. Dari terminal ferry Nongsapura ada mobil khusus yang menjemput para tamu resort. Tapi karena saya berencana jemput adik ipar di bandara (kami ajak ikut liburan dari bandung) , jadi saya gak pake mobil jemputan, dan pilih sewa mobil +driver . Ternyataaaaa,,si owner rental mobil itu salah jam, alhasil telat 1,5jam. Esmosi jiwa rasanya. Tau gitu kan saya ikut mobil resort aja, daripada nunggu di terminal. Tapi ya sudahlah.

Nyampe Resort, ternyata bisa early check in, alhamdulillah. Drop barang2 sambil keliling villa. Eiya, ini nama nya Montigo Resort. Jadi di sini bentuknya per villa gitu, ada beberapa pilihan kamar dan view. Suami saya pilih sea view, jadi villa nya ada di bagian paling bawah langsung menghadap laut, gak kehalang bangunan lain. Resortnya gede banget, jadi kalo mau ke mana2 diantar buggy . nih kayak gini nih :



Jadi per villa nya terdiri dari 3 lantai. lantai pertama isinya ruang tamu, kolam renang , plus TV dan wii. Lantai 2 isinya 2 kamar , lantai 3 rooftop tempat nongkrong atau BBQ an.

lantai 1. baru masuk ruangannya udah kesenengan liat kolam sama laut

lantai 3


pagi pagi naik ke lantai 3 buat foto2 krn view langit lagi baguuus
beres istirahat bentar, langsung berangkat ke bandara. Dan ternyata ya, emang jauh banget eyymm ini resort dari pusat kota, emang paling bener sewa mobil, kalo naik taksi bisa jauh lebih mahal.  Jemput ipar ke bandara, baru pergi ke Batam Center buat belanja . Belanja apa? Jajanan, huahahahaha. Beli makanan jadi juga buat dimakan di resort , karena udah pasti harga makanan di resort mahal banget ya. Tapi emang  disediain dapur kok kalo mau masak, jadi cukup nyaman. Saya ngapain di mall? Pijet! :))) kayaknya saking banyaknya Singaporean yang berlibur di batam, Massage&spa pun jadi tersebar di mana, dan yang pasti lebih murah dibanding massage di SG. Saya pun ga mau ketinggalan ikut massage , yang lain nunggu di Timezone

Nyampe Resort lagi udah malem. So hari pertama gak gitu ngerasain fasilitas di sana.

Hari ke dua kami full main di resort. Beres Sarapan, langsung pergi berenang. Renangnya di villa aja, karena tiap villa dilengkapi private pool.  Mumpung saya free dari kerjaan beberes rumah, masak dll, sekalian nge craft , hore!!!



kolam dekat area breakfast. gak nyobain berenang di sini :))








gosong kebanyakan berenang




ada area main anaknya juga!


masih di area main anak

swimming pool yang lain. yang di sebrang laut itu udah singapura lho..

ternyata kalo weekend breakfastnya ditemenin sama maskot resort. plus tiap anak dapet balon

duh viewnyaaa.

Berhubung pak suami masih betah, akhirnya kami extend sehari lagi, jadi total 4D3N . Pertimbangannya karena jam Ferry & jumatan terlalu mepet, plus masih belum tau mau nganter ipar pake apa. Jadilah kami sewa mobil lagi, di tempat rental yang sama. Udah ga ada waktu lagi soalnya cari rental lain, plus drivernya baik dan ramah. 

Senang? ya tentu. Bisa pergi berlibur juga . Will be back for more? ya iya atuh :))) Tapi emang sebaiknya full di resort aja deh, ga usah ke kota kalo ga perlu2 amat. Dinikmatin aja semua fasilitas resortnya. Dan  ternyata harga makanan di restonya juga gak gitu mahal kok. Ada beberapa pilihan makanan yang harganya cukup terjangkau.




LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...