Saturday, August 27, 2016

Craft Journey di Singapore (1)

Di Singapura udah Jadi apa aja? ga adaaaa..hahahha. Ada sih. tapi ya gitu gitu aja, belum ada yang jadi 100 % . Kalo Follow istagram saya mungkin teman2 udah bisa liat saya sudah belanja beberapa bahan . Harga bahan Craft di sini mahal banget, huhuhuhu . Bahkan gunting, udah 2x beli, gak nemu yang cocok tajemnya. Nyesel ga bawa koleksi gunting ke sini. Akhirnya pesan gunting online, baru deh nemu yang cocok.

Sejauh ini baru hunting bahan craft di Spotlight & Daiso. karena ga ada space khusus buat saya nge craft, jadi dipilih lah craft yang paling ga ngabisin tempat : flanel. back to basic. Sempat juga tergoda cobain Needle felt. Sejauh ini menarik, tapi baru satu project jadi, itupun entah kemana dibawa anak saya main.

Flanel sendiri di sini jarang, warnanya juga ga gitu lengkap . beli di Spotlight 1 set , sama persis dengan yang di daiso, tapi harganya dua kali lipat. Yasudah ilfil lah balik ke spotllight, mending ke daiso, toh dekat rumah pun ada.
kain dari daiso dan spotlight, gunting dari aliexpress

starterpack bangeeet


Buku craftt di sini banyak, tapi rata2 impor Amrik atau UK. harga? ya mahal, tapi standar untuk pasaran sini. cuman beberapa waktu lalu di mall dekat rumah ada bazaar buku, banyak nge sale buku2 craft impor yang kece2. Bahkan ada yang udah jadi wishlist saya dari dulu, dijual juga, dengan harga rata2 sekitar 5-10SGD. Buat itungan Singapura, harganya murah cyin. Tapi gak saya beli akhirnya, dengan pertimbangan gak tau kapan bisa prakteknya. Plus nambah beban bawaan kalo harus pindah2.

BTW, bahan bahan needle felt ternyata masih lebih terjangkau lho, udah sempat bikin juga, sayang si hasilnya hilang sebelum sempat difoto. huahahahaha. yang ini beli di daiso


buat hiburan, ini yang udah jadi :

Update :  gak sengaja nemu orang yang jual2in flanelnya karena udah gak dipake. sekantong guede banget, harganya cuma SGD 10 . Rasanya dapet durian runtuh! seneng pake banget, alhamdulillah :)

Monday, August 22, 2016

mama me time

Jadi ebok ebok itu rasanya,,

suatu hari rasanya mau gila,,

tapi hari lain rasanya biasa aja, beres2 aja,,

Jadi Ibu Rumah Tangga itu profesi saya sekarang. Ga ada lagi tuh yang namanya pergi hunting bahan dari pagi sampe sore, pergi arisan keliling cafe2, nongkrong ngopi sendiri sambil nge blog. Rutinitas sehari hari ya gitu gitu aja. Bangun, ngurus anak, ngasi makan anak, mandiin anak , main sama anak, ngelonin anak, beres beres, beres beres, ngomel ke anak, ke supermarket, masak, ngurus anak. gituuuuu terus.

Bosen? iya lah. tapi keluhannya gak perlu masuk postingan ini deh :D

Banyak ibu ibu yang pengen me time. Saya mau? ya iya lah

KOK PADA MAU SIH ? EMANG GA SAYANG ANAK, SAMPE SEGITUNYA GA MAU DEKET ANAK *kata orang yang belum  punya anak, atau bapak2 yg ga pernah ngurus anak sendiri.

Helloooo,,dikata gak pusing apa ngurus semua sendiri. Udah pusing, udah rungsing, ujung2nya yang kena semprot ya anak, kalo engga suami. daripada terjadi hal hal yang tidak diinginkan , ya mending ngadem dulu di coffee shop .

ini beberapa contoh me time saya

1. Jadi mombie, alias mommy zombie, alias begadang. gak tidur setelah anak tidur karena itu satu2nya waktu ga direcokin anak :)))) ngapain? ya bengong aja, menikmati

2. Mandi lama2. Sebenernya dari dulu gak pernah mandi lama2, tapi kapan lagi bisa ngadem sendiri di kamar mandi mumpung ada yang jaga anak, betuuul? ngapain aja? ya ngapain kek, sikat kamar mandi, merhatiin keramik kamar mandi satu2, main air.

3. Diem di rumah. Lah katanya bosen? iya. Tapi coba bayangin, pergi sama anak, trus anak tantrum depan umum, kalo gak tumpahin air minum di mana2, Lari2an ga mau dipegangin, mau panjat highchair sama meja di resto , maksa minta bukain belanjaan padahal belum bayar, pup di bis/kereta, minta gendong terus padahal berat banget. bayangin gak cuman satu hal itu yg terjadi, tapi perpaduan beberapa . Nah, udah ngerti kan kenapa mending diem di rumah?

 4. pergi shopping sendiri. Nah ini lemayan, rada masuk akal, bagaikan ibuk2 jetset yang shopping for label, shopping for love gitu  . Alhamdulillah ya, beberapa bulan di sini udah dapet 2x kesempatan pergi shopping sendiri. Suami mau jagain anak. Tapi tetep, titipan belanjaan suami kudu dibeliin. Pastikan uang cukup. Ato paling engga punya uang. Uang jajan saya bulan ini udah habis lho tanggal 21 :))) tapi kalo ditahan2 ujungnya abis buat jajan cemilan ga penting. ya mending pake pas lagi jalan2 sendiri lahh. biar belanja seuprit, bayangin tiap bawa keresek belanjaan,, bagaikan ibuk2 jetset yang shopping for label, shopping for love gitu *tetep diulang (padahal ssebenernya shopping for life, alias groceries)

5. pergi ke coffee shop sendiri, ngopi2 cantik, sambil nge blog <------ oke ini boong banget. ga pernah

6. Set achievement setinggi2 nya. set 1 hari dimana semua kerjaan rumah tangga beres, urus anak beres , masak2 beres. Rasanya kerjaan berat tadi jadi ga berasa.

7. Set harapan serendah2nya. pas anak tidur , ikut tidur. atau kalo engga goler2 gak ngerjain tugas yg menumpuk. pas anak bangun , main bareng. Bodo amat rumah kayak kapal pecah, ga ada makanan. piring cucian numpuk. Biarin aja, toh ga bakal tiba2 ada yg bantuin ngerjain, baru besoknya (atau besoknya lagi), me time nya pake yang nomer 6.

8. ngobrol sama temen. Sebagai mahluk sosial alias senang rumpi, rasanya seneng banget ngobrol, bahkan untuk hal hal ga penting. Di mana mana paling seru ketemu langsung yaaa,, apa daya saya di Singapura belum punya temen, ya pasrah aja cuman sanggup ngobrol online. kadang kalo lagi mellow, sambil ketawa2 baca guyonan temen, sambil berderai2 juga saking pengennya ngobrol langsung. Tapi segitu juga udah lumayan me time deh, daripada ga punya temen (hayooo)



*Posting ini dipicu kejadian tadi siang, karena dikasi ijin pergi sendiri. horeeeee.. pergi ke pasar malam, makan siang sendiri dengan tenang, belanja sabun bodyshop yang lagi sale gede2an . Trus Mandi nya langsung pake sabun baru, wanginya enak, tahan lama, trus jadi terinspirasi bikin postingan ini. huahahaha*



Thursday, August 18, 2016

Uji nyali 7 Handicraftqta

Uji nyali HandcraftQta hadir lagi! Gak kerasa tau tau udah yang ke 7 ada, ga keitung saya kelewat berapa. Kali ini temanya Kristik. Ass you know, saya udah ga punya bahan craft lagi, jadi emang merintis hobi dari nol. Kesibukan sebagai IRT juga buat saya maju mundur buat bisnis craft. Jadi begitu ada Uji nyali HandicraftQta, saya semangat ikutan dengan beli,,kit paling basic dari daiso! hahahaha.


Iya, saya tau diri. gak mungkin saya bisa beresin kristik ngejelimet yang ngabisin waktu bikin yang lama. Harga kit kristik daiso ini SGD 2. Murah meriah pokoknya. awalnya gak ngerti alur silang2 . tapi begitu ganti benang, udah mulai kebayang alur efisiennya.

Udah jadi, bingung  mau diapain. akhirnya manfaatin milk cartoon yang gak kepake di rumah, dibalut flanel , biar jadi framenya. Tadaaa... sudah bertengger manis jadi pajangan .

Gimana hasilnya?

Tertarik ikutan? tenaaang, masih ada waktu. kunjungi aja grup Handicraftqta di Facebook, paling lambat akhir agustus kok. Mana ada sponsor yang mau bagi2 hadiah pula. Asik! happy crafting...


Rasanya patah hati

image dari sini  . tampilan impian. someday Linda, someday


Beberapa hari ini akhirnya saya punya celah waktu buat pegang laptop. Draft2 blogpost pun sudah mulai bermunculan, yang rencananya bakal dikeluarin berkala. Mau ga mau ya bolak balik ke situs blogger.com . Mulai keliatan lah tampilan familiar, plus list blog yang saya follow.

Dengan niat mau nostalgia dan mau tau kabar orang2 di following saya, berkunjunglah saya ke blog2 mereka. Rasanya patah hati.

Banyak banget yang last post nya 3-4 tahun lalu. banyak juga yang domainnya gak diperpanjang, jadinya  mati begitu saja. Malah ada yang blognya di hack orang lalu dijadikan sarana iklan. Sedih.

Saya sendiri ga memungkiri kalo pamor blog ga se wah dulu, apalagi ditunjang sosial media terkini yang makin beragam pilihannya, dengan akses yang jauh lebih mudah dibanding blog. Sayapun demikian , kesulitan pegang laptop, akhirnya pasrah dengan blog ini.

Hai teman, apa kabar kalian?

Tuesday, August 16, 2016

Apple pie

Acho doyan Apple pie, saya doyan, suami pun doyan. Biasanya kami langsung bergegas ke Mcd yang ada di dekat rumah. Satu porsi nya seharga 1SGD atau kira2 10 ribu rupiah.


 Tapi beberapa waktu lalu rasanya pengeeen banget makan apple pie, tapi males ke Mcd. Cek isi kulkas ternyata ada apel sisa satu lagi. Bermodal nekat , saya coba juga buat sendiri. Rasanya oke, tekstur pie nya seperti kue kering, gak seperti di Mcd yang digoreng seperti kulit lumpia . saya pakai 1/2 resep aja , karena apelnya sisa sedikit. Untuk olesan kuning telur, kayaknyna mending dioles setalah pie hampir matang deh, soalnya pas saya buat dan dioles di awal , alhasil bagian atas kayak kehitaman gosong, padahal engga.  Resep pie nya ambil dari blog Just Ordinary Kitchen   .



APPLE PIE
by Ricke Indriani

Bahan Pie Crust:
500 gram terigu protein sedang
300 gram margarin/butter, dingin
3 kuning telur
2 sdm gula halus
½ sdt garam
1 sdt vanilla

Bahan isi:
6 buah apel malang/granny smith (sebaiknya pilih apel bertekstur renyah dengan rasa asam manis)
1 sdm air jeruk lemon
100 gram gula pasir
2 sdm gula aren bubuk/gula merah yang diiris halus
¼ sdt garam
2 sdt kayu manis bubuk (peres)
2 sdm maizena
50 gram margarin
50 gram kismis, rendam air panas, tiriskan dan cincang kasar (optional)

Olesan:
2 kuning telur, kocok lepas
 
Cara membuat:
1. Isi: Kupas apel, buang bagian bijinya dan potong-potong dadu kecil kemudian tempatkan dalam wadah. Beri air jeruk lemon, aduk rata. Masukkan gula pasir, gula aren bubuk/gula merah, garam dan kayu manis bubuk. Aduk rata. Simpan dalam lemari es selama 30 menit hingga apel keluar airnya (juicenya).
2. Taburi dengan maizena, aduk rata. Panaskan apel bersama airnya di atas api sambil diaduk-aduk hingga mengental dan apel agak lunak. Matikan api. Panas-panas masukkan margarin dan aduk rata hingga seluruh margarin meleleh. Masukkan kismis. Aduk rata. Dinginkan.
3. Kulit: Campur margarin, kuning telur, gula halus, garam dan vanilla. Aduk rata. Masukkan terigu, aduk kembali menggunakan pisau pastry atau dua buah garpu hingga adonan berbutir-butir (seperti pasir kasar) dan tercampur rata. Satukan dan padatkan adonan kemudian bulatkan agar mudah dipulung. Bungkus dengan plastik wrap dan simpan di kulkas 30 menit hingga 1 jam.
Pemalesan, ngaduknya pake food proceasor aja

4. Olesi cetakan pie mini dengan margarin tipis-tipis, ambil adonan secukupnya dan cetak dalam cetakan pie sambil ditekan-tekan. Sisakan sedikit adonan untuk membuat anyaman tutup pie. Untuk pie loyang besar, gilas adonan tipis sekitar 0,5 cm lalu letakkan di loyang yang telah diolesi margarin tipis, ratakan dan sisan adonan untuk tutup bagian atas pie.
5. Isi kulit pie dengan bahan isi. Lakukan hingga habis.
6. Gilas tipis sisa adonan kulit pie, potong-potong memanjang sesuai ukuran cetakan. Buat motif anyaman di atas pie. Olesi permukaannya dengan kuning telur. Tata cetakan di loyang datar.
7. Panggang dalam oven dengan suhu 170’C-180'C selama 30-50 menit (tergantung ukuran pie) hingga matang permukaannya kecoklatan dan fillingnya terlihat mendidih.
8. Angkat. Diamkan 15 menit dalam cetakan hingga agak hangat kemudian keluarkan dari cetakan dan dinginkan.

Monday, August 15, 2016

saya rinduuu

Rencananya nih, mumpung anak lagi tidur, saya mau buat blogpost sebanyak2nya. Karena kalo pegang laptop pas anak bangun, habis lah laptopnya.hahaha

Apa daya, baru juga liat dashboard blogger, ih ada postingan baru si ini, ada postingan baru si itu. sekarang nampaknya pamor blog sudah mulai turun, jadi gak sebanyak dulu postingan orang2 makanya saya jadi semangat baca. ujungnya anak udah keburu bangun lagi (yaelah)

kayak postingan ini nih,, dari mulai ngetik kata pertama sampai terakhir, baru beres seminggu. hahahaha

mana tuh yang (pengennya) posting minimal 2x seminggu. yasudahlah.

Update saya yang terkini adalah,,, saya jadi ibu rumah tangga (ini mah semua juga tau) jadi kemungkinan besar semua isi blog saya akan mengarah ke pekerjaan rumah tangga . Craft? bismillah sesempetnya aja.

Cuaca singapura yang panas ini bikin saya males kemana2, pengennya ngadem di kamar. smriwing AC, minum kopi dingin, lalu ketiduran.

But anyway,,beneran lho saya rindu casciscus di blog ini. biar ga ada yang baca, tapi seengganya bisa agak menyalurkan hasrat pengen ngobrol. Maklum, pindahan. Ga punya temen di sini, ga ada temen ngobrol deh.

Doakan saya bisa konsisten lanjut nge blog ya teman2 :D

Sunday, August 14, 2016

Akun Instagram Favorit

Jarang update blog, tapi rajin update instagram :D
Sekarang untuk cerita singkat, saya lebih pilih instagram karena praktis. gambarnya kece kece pula.ada beberapa akun yang jadi favorit saya. ini beberapa di antaranya:

1. Lauralupinhoward
dari dulu , selalul ngikutin blognya. Telaten banget kalo bikin2 flanel, punya buku beberapa juga


2.Tiyarahmatiya
instagramnya penuh makanan, plus resepnya. sering saya coba resep2nya. Jadi wajib follow



3. Ditut
gak perlu dijelasin, langsung aja ke instagramnya, mata langsung seger. Buat ibu rumah tangga macem saya yang jarang ke mana-mana, lumayan buat cuci mata


4. Artbyatthirahmj
Cute overloads! kreasinya sederhana tapi super lucu. selalu bisa bikin senyum


5. Googlygooeys
yang ini karena saya suka sama komik2 singkatnya, ilustrasinya juga lucu lucu


Segitu dulu aja. kalau kalian, akun favorit di instagram apa?

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...